Dosen IPB, Inspiring Innovation with Integrity

dosen ipb

 

Siapa sih, yang tidak kenal dengan Institut Pertanian Bogor alias IPB? Perguruan tinggi ini membuktikan kesesuaian dengan tagline yang diusungnya, yaitu “Inspiring Innovation with Integrity”.

Inovasi-inovasi dari para pendidiknya telah diakui kualitasnya secara nasional maupun internasional.

Hal ini sudah terbukti dari hasil penilaian Business Innovation Center dari Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi RI dalam Inovasi Indonesia Paling Prospektif, misalnya.

Selama sepuluh tahun berturut-turut (tahun 2008-2018), Inovasi IPB adalah yang terbanyak di antara perguruan tinggi lain di Indonesia, yaitu sebanyak 39,71 persen.

Buah pemikiran, hasil penelitian dan inovasi dosen IPB telah begitu mewarnai dunia pendidikan di Indonesia. Karya-karya tersebut banyak ditemukan di jurnal nasional terakreditasi dan jurnal internasional terindeks scopus.

Dedikasi para dosen IPB ini memang luar biasa. Kita akan dengan mudah menemukan Beliau-Beliau ini turun langsung ke lapangan membantu persoalan petani, peternak dan nelayan.

Juga, menggarap berbagai program pengabdian masyarakat yang sangat bermanfaat. Misalnya seperti Safari Klinik Nusantara, Sekolah Peternakan Rakyat (SPR), Pos Pemberdayaan Masyarakat (Posdaya), IPB Goes to Field dan Kampung Konservasi.

Tentu saja, masih banyak program lainnya yang telah menjangkau berbagai lapisan masyarakat desa.

dosen ipb

Salah satu kiprah dosen IPB yang menarik hatiku adalah karya dari Dr. Ir Fredinan Yulianda, dosen di Departemen Manajemen Sumber Daya Air, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK) Universitas IPB.

Pasalnya, aku sangat suka jalan-jalan ke tempat baru. Dan destinasi wisata air adalah salah satu obyek wisata yang selalu berhasil membuatku penasaran untuk lebih mengenalinya dengan akrab.

Beliau telah meluncurkan buku berjudul “Ekowisata Akuatik: Konsep Kesesuaian dan Kapasitas Penunjang Pariwisata Maritim dan Wisata Air Tawar”.

Buku Ekowisata Akuatik ini diluncurkan dalam sebuah acara yang diadakan oleh mahasiswa Program Studi Pascasarjana Manajemen Sumberdaya Pesisir dan Laut di Ruang Diskusi FPIK, Kampus Dramaga, Bogor pada 6 September 2019 lalu.

Dalam acara peluncuran buku tersebut, Dr. Fredian mengatakan sendiri bahwa ekologi atau ekowisata berbasiskan wisata air merupakan bentuk kegiatan pariwisata berbasis objek sumber daya alam yang masih alami dan memiliki keindahan.

Jadi, kita tidak perlu memodifikasi sumber daya alam, karena hal tersebut dapat mengurangi peran benda-benda alam atau mengubah bentang alam.

Dengan membaca buku ini, kita akan mendapatkan penjelasan tentang konsep ekowisata, karakteristik sumber daya pariwisata, serta kesesuaian pariwisata dan daya dukung kawasan wisata.

Aspek-aspek di atas tersebut memang sangat penting untuk dipahami, sehingga pengelolaan air dan pariwisata berbasis ekologi dapat dilakukan dengan benar.

“Wisata air pada umumnya dibedakan antara wisata pantai atau wisata bahari (air laut) dan wisata air tawar. Jenis-jenis wisata pantai dan kelompok terdiri atas wisata pantai, wisata mangrove, wisata selam, wisata snorkeling, wisata memancing, dan wisata selancar. Kelompok wisata air tawar terdiri dari wisata danau atau danau, wisata sungai, dan wisata air terjun,” tambah Dr. Ir Fredinan Yulianda.

Makanya, kita harus teliti dalam menentukan jenis wisata seperti apa yang disediakan di setiap karakteristik wisata air ini, menyesuaikan dengan potensi sumber daya alamnya masing-masing.

Harapan Dr. Ir Fredinan Yulianda saat menghadirkan buku ini adalah Beliau ingin buku ini dapat memberikan manfaat dan menjadi salah satu referensi ilmiah bagi para peneliti di bidang ekowisata dan menjadi pertimbangan dalam penyusunan kebijakan pemanfaatan kawasan di sektor pariwisata bahari.

“Selain itu, pemanfaatan berkelanjutan pariwisata memerlukan pembatasan pengunjung sebagai indikator sumber daya alam dalam menoleransi kegiatan wisata, yang dikenal sebagai daya dukung kawasan pariwisata,” kata Dr. Ir Fredinan Yulianda.

 

Sumber gambar: ipb.ac.id

2 thoughts on “Dosen IPB, Inspiring Innovation with Integrity

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s