Begini Caraku Menikmati Hidup Agar Bahagia

menikmati hidup

Kebahagiaan itu tidak ditentukan dari bagusnya rupa, melimpahnya harta, banyaknya teman, tercapainya keinginan dll. Tidak ada cara ilmiah untuk mengukur kebahagiaan. Tiap orang bisa memiliki pandangan yang berbeda.

Kita sendiri yang bisa memilih untuk bahagia dengan alasan apa. Bahkan, kitalah yang menentukan untuk bahagia atau tidak. Bahagia itu letaknya di hati. Jika kita menikmati hidup, maka hari-hari pun terasa bahagia.

Ya, sesederhana itu. Rasa cemas adalah pemborosan energi yang tidak bermanfaat. Daripada merasa resah, manfaatkan energi cemas ini dengan melakukan sesuatu.

Lalu, apa saja yang bisa kita lakukan untuk lebih menikmati hidup? Tingkatkan kesejahteraan kita dengan memenuhi kebutuhan vital kita berikut ini:

 

Kesejahteraan Fisik

 

menikmati hidup

Men sana in corpore sano.

Sulit sekali merasa bahagia jika kita sedang sakit, ya. Makanya, terapkan gaya hidup sehat dalam keseharian kita. Makan dengan menu bergizi lengkap dan seimbang, rajin berolahraga, cukup istirahat, jaga kebersihan dll.

 

Kesejahteraan Mental

 

lomba blog vivo

 

Bersyukur

Rajinlah menghitung kenikmatan yang sudah engkau dapatkan. Kalau perlu, abadikan. Misalnya, kalau aku, dengan cara mengumumkan kemenangan lomba blog, seperti yang baru aku dapat dari Blogger Jakarta dan Vivo Club.

Belajarlah menerima diri sendiri. Yakini semua yang kita miliki saat ini adalah yang terbaik buat kita. Fokuskan hidup di masa sekarang, bukan melulu mengawatirkan masa depan atau pun terbelenggu oleh masa lalu.

 

Miliki Rencana

Buatlah daftar hal-hal yang ingin kita lakukan, tuliskan strategi konkretnya dan fokuslah untuk mencapainya. Hal ini akan menghindarkan kita dari kebingungan yang justru dapat menyurutkan kebahagiaan kita saat ini, lho.

 

Kurangi Stres

Untuk mengatasi stres, kenali kondisinya yang menyebabkan stres. Jika bisa, ubahlah kondisi tersebut. Bersikap lebih tegas menyatakan kebutuhan dan batasan kita. Delegasikan tugas pada orang lain jika memungkinkan.

Temukan cara untuk menenangkan diri dan melepaskan energi secara konstruktif dan selalu menyisihkan waktu untuk diri sendiri secara teratur. Beribadah dan bersandar pada Zat Yang Serba Maha adalah pilihan jitu!

 

Jalani Hobi

Rutinitas yang kaku akan bersifat kontraproduktif dalam memunculkan spontanitas dan kejutan. Tambahkan sedikit fleksibilitas dalam jadwal agar tidak jadi membosankan. Hobi akan membuat hidup terasa lebih mengalir.

 

Pelajari Hal Baru

Mari membuka diri dan dapatkan pengalaman baru sebanyak-banyaknya. Membaca, jalan-jalan, ikut kursus yang menyenangkan, menghadiri kuliah dan berinteraksi dengan beragam orang adalah beberapa cara di antaranya.

 

Kesejahteraan Emosional

 

Menikmati Hidup

 

Tersenyum

Mulai hari dengan tersenyum di depan cermin saat kita baru bangun tidur di pagi hari. Ekspresi wajah memang disebut cerminan jiwa. Dan sebaliknya, ternyata juga bisa memengaruhi suasana hati kita di sepanjang hari, lho.

 

Bergaul

Orang yang memiliki lingkaran pertemanan yang luas cenderung bisa hidup lebih lama. Perilaku teman-teman kita pun berpengaruh besar terhadap kita. Bergaul dengan orang-orang positif akan memberi inspirasi yang lebih kaya.

Kemudian, jangan lupa untuk membahagiakan orang lain. Tawarkan bantuan kepada sekitar kita dan tolonglah sesama. Kita akan merasa berguna, kaya dan tanpa sadar raut wajah jadi penuh senyum melihat kebahagiaan mereka.

 

Berkarya

Jangan menganggur! Cintai pekerjaan yang kita jalani sekarang dan tingkatkan kreativitas kita dengan menjalani apa yang kita sukai. Mari menghasilkan karya yang bermanfaat dan bisa dinikmati banyak orang.

 

Memang pada dasarnya ada banyak alternatif cara untuk mencapai kebahagiaan. Bagaimana caramu menikmati hidup agar lebih bahagia?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s