Summer Palace Beijing, Perpaduan 2 Unsur yang Menakjubkan

Sumber gambar: freeimages.com – Sophie Mullinax

Jika kamu berencana untuk jalan-jalan ke Cina, kemungkinan besar kamu akan mendarat terlebih dulu di ibukotanya, yaitu Beijing. Maka, sempatkanlah untuk mengunjungi Summer Palace di kota ini. Mengapa? Karena di sini adalah tempat bergabungnya 2 unsur keindahan, yaitu keindahan seni budaya dan keindahan panorama danau serta bukit.

1. Peninggalan Seni Budaya yang Berharga

Sumber gambar: freeimages.com – Alexander Rist

Summer Palace merupakan salah satu peninggalan yang penting dalam sejarah Cina. Pembangunannya dimulai pada tahun 1750. Pada Desember 1998, UNESCO memasukkan Istana Musim Panas ini dalam Daftar Warisan Dunia. Dinyatakan bahwa Istana Musim Panas merupakan “karya besar dari tipikal desain lanskap dan taman Cina. Pemandangan alam perbukitan terbuka dan air  buatan dikombinasikan dengan tampilan paviliun, aula, istana, kuil dan jembatan untuk membentuk gabungan  yang harmonis dan nilai estetika yang luar biasa.”

Tempat ini memberi kita sensasi sebagai seorang anggota kerajaan Cina. Area dari Istana Musim Panas ini terbagi menjadi 4 bagian, yakni: Court Area, Front-Hill Area, Lake Area dan Rear-Hill Area.

Court Area terletak di bagian barat laut istana. Tempat ini menjadi lokasi di mana Ibu Suri Cixi bersama dengan Kaisar Guangxu mengadakan pertemuan resmi terkait berbagai urusan istana.

Front-Hill Area mempunyai konstruksi paling banyak dan didesain simetris antara bagian barat dengan bagian timur. Terdapat berbagai bangunan dengan desain yang rumit dengan taman indah dengan pusatnya.. Di antaranya adalah Hall of Dispelling Clouds, Hall of Moral Glory, Baoyun Bronze Pavilion, Revolving Archives, Hall of the Sea of Wisdom dan lain-lain.

Area danau mencakup area yang luas. Di sini juga terdapat Seventeen-Arch Bridge yang merupakan jembatan terbesar di Summer Palace di samping sekitar 30 jembatan lainnya di kompleks istana ini. Dengan panjang 150 meter dan lebar 8 meter. Jembatan ini menghubungkan antara bagian barat Danau Kunming dengan Pulau Nanhu yang ada di sebelah timur.

Rear-Hill Area memiliki suasana yang terbilang lebih sepi. Bangunan di sini banyak mengalami kerusakan akibat perang dan hanya beberapa yang diperbaiki.

2. Pemandangan Bukit dan Danau nan Indah

Sumber gambar: freeimages.com – Emile Spaanbroek

Tempat ini memang menyajikan pemandangan yang menakjubkan. Dengan luas total 300 hektar, sebagian besar berada di area Longevity Hill serta Danau Kunming.

Danau Kunming merupakan sebuah danau buatan seluas 2,2 km2. Tanah hasil penggalian dari danau ini dipakai untuk menguruk Longevity Hill. Bukit setinggi 60 meter tersebut menjadi lokasi berdirinya kompleks Summer Palace yang dibangun mengelilingi danau.

Jalan di pinggir danau itu dipakai oleh warga lokal untuk jogging di sore hari. Dinaungi pepohonan yang sejuk dengan suguhan pemandangan jembatan yang khas bergaya Cina berlatar istana di atas bukit dengan danau di alasnya. Sungguh sebuah pengalaman yang berkesan. Kita juga dapat menikmati pemandangan ini dari atas perahu sewa sambil menyusuri danau.

Ke Luar Negeri? Bawa Passpod, Dong!

Jangan lupa, bagi kamu yang sering keluar negeri, untuk selalu berbekal Passpod, ya. Passpod adalah layanan penyewaan Wifi 4G agar kita tetap dapat menikmati koneksi cepat, unlimited, murah serta dapat digunakan bersama kapan pun dan dimana pun!

Karena Passpod adalah sebuah perangkat router Wifi yang berfungsi sebagai Wifi Hotspot, didesain simpel dan berukuran kecil. Kita dapat menghubungkan Passpod ke laptop, tablet dan juga telepon seluler ke internet, kapan saja, di mana saja, selama perjalanan di luar negeri. Passpod sudah dikonfigurasikan di banyak negara tujuan dan tidak membutuhkan instalasi apapun. Biaya sewanya juga murah, lho. Untuk di Cina, misalnya, kita cukup membayar 89.000 rupiah saja. Asyik, kan?

Kini, kita jadi tidak perlu khawatir lagi dengan biaya roaming yang mahal, atau repot-repot mencari koneksi Wifi di tempat umum maupun membeli kartu prabayar baru saat ke luar negeri. Dengan Passpod, anti repot!

Advertisements

13 thoughts on “Summer Palace Beijing, Perpaduan 2 Unsur yang Menakjubkan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s