Cara Praktis Mendandani Kantor Baru dengan Karya Seni

Jadi, ceritanya kan kami sedang merintis bisnis baru, nih. Untuk mendukung bisnis ini, kami membutuhkan sebuah kantor. Bayangan kami sih, sebuah ruko gitu. Karena 2 bulan lagi juga masa kontrak kami di rumah ini sudah habis. Sudah ada sih, pandangan mau pindah ke mana. Nah, sekarang sedang mulai meraba-raba, mau didekorasi seperti apa ruko yang masih kosong melompong itu.

Rencananya kami akan mendesain interior kantor kami dengan gaya minimalis, modern dan kontemporer. Supaya terasa pas aja gitu dengan suasana bisnis yang dinamis dan kreatif. Kalau soal warna, kami sudah punya pilihan. Kantor kami akan didominasi warna sesuai produk kami, yaitu: putih, hijau muda dan jingga.

Gaya minimalis itu sebenarnya aku banget. Aku lebih cenderung membeli sesuatu berdasarkan fungsionalitasnya. Jadi, jika benda itu memang dipakai dalam aktivitas sehari-hari di kantor, ya aku beli. Misalnya: meja, kursi, kabinet, lampu, tirai dll. Sekalian cari yang modelnya sederhana tapi manis biar ringan dan menyenangkan dipandang mata. Aku cenderung malas membeli benda yang sekadar untuk pajangan. Walaupun tidak dapat dipungkiri bahwa barang pajangan itu banyak yang lucu-lucu dan sebenarnya aku pun tertarik untuk memilikinya.

Hanya saja, menurutku, menambah pajangan akan membuat mata lebih sibuk sehingga kita jadi kurang fokus dengan pekerjaan. Belum lagi perawatan dan penjagaan kebersihannya. Belum lagi kekawatiran sewaktu-waktu jadi korban keganasan tingkah kelima anak kami. Mengingat kantor ini berlokasi di ruko yang lantai atasnya adalah hunian kami. Oh, tidak…!

Tapi kalau dipikir-pikir lagi, membosankan juga ya, jika tanpa pajangan sama sekali. Kadang kita memang butuh sesuatu yang tampak tidak penting sebagai penyegaran. Ya, justru saat itulah letak pentingnya hal yang kita anggap remeh tersebut.

Pajangan. Hmm… Sepertinya aku tetap membutuhkannya beberapa sebagai pengusir kejenuhan dari berbagai hal fungsional di dalam kantor. Mulailah aku mencari-cari ide pajangan seperti apa ya, yang praktis perawatannya dan mendukung keseluruhan konsep interior kantor kami.

Gayung pun bersambut. Beberapa hari lalu, aku mendapatkan informasi tentang Spasium. Spasium adalah sebuah situs yang menyediakan aneka karya seni nan cantik dari para seniman terpilih Indonesia. Iya! Semua karya di sini merupakan karya seniman Indonesia, bukan membeli gambar bebas secara online yang kemudian diproduksi ulang.

Aku sebenarnya tidak terlalu paham tentang seni. Tapi, ya kali, kalau sekadar mencetak ulang gambar yang ada sih, aku juga bisa ya. Namun, bagiku, karya seni itu tidak hanya tentang hasil visualnya. Ada sesuatu yang melebihi itu. Kisah di balik sebuah gambar, tentu sangat menarik untuk disimak. Bagaimana sebuah ide tercipta dan proses yang dilaluinya hingga menjadi sebuah karya merupakan satu hal besar yang patut diapresiasi. Memiliki satu atau beberapa pajangan penuh makna tersebut di kantor kami pastinya akan menularkan energi positif tersendiri. Setidaknya, kami senantiasa diingatkan bahwa kami pun bisa berkarya bagus seperti mereka dan nantinya diakui di mata dunia. Semangat!

Karya seni di Spasium tersedia dalam media kanvas maupun frame dengan standar produksi khusus dengan format siap pasang. Bisa dibilang, semua karya seni yang ada di Spasium ini memang berupa pajangan dinding. Aha! Pajangan dinding! Sebuah pilihan cerdas untuk memberikan sentuhan artistik dalam ruangan yang mudah perawatannya dan jauh dari jangkauan anak-anak. Tidak rugi rasanya aku terdampar di situs ini.

Semakin dalam mengenal, semakin terbaca bahwa hadirnya Spasium ini benar-benar memudahkan, deh. Kini, kita jadi bisa belanja karya seni untuk dekorasi rumah maupun kantor dengan harga lebih terjangkau serta lebih mudah dan hemat waktu karena dapat dilakukan secara online menggunakan berbagai gawai yang kita miliki. Tinggal pilih, bayar dan kita duduk manis menunggu karya seni pilihan kita dikirim dan sampai ke alamat tujuan.

Karya seni orisinal dengan harga terjangkau? Memang bisa? Lha, ya Spasium ini buktinya. Spasium memberikan kita alternatif ide bahwa karya seni yang berkualitas itu tidak selalu identik dengan mahal sebagaimana jika kita belanja di galeri seni. Padahal, koleksi karya seni di Spasium ini eksklusif dan berlisensi, lho. Siapa yang tidak tergiur, coba? Situs ini memang jawaban tepat bagi para kolektor seni muda.

Betul, eksklusif.  Koleksi di Spasium dicetak (reproduksi) dengan jumlah terbatas. Ini penting sekali bagiku untuk menjaga kekhasan sensasi. Tidak lucu rasanya jika ada orang yang datang ke kantor kami lalu berpikir, “Hei, gambar yang ini, ya?” Terasa sangat umum dan mudah ditebak, kan?

Inginnya sih, setiap pengunjung yang datang dan melihat pajangan ini dapat menjadi jeda bagi ritme aktivitas mereka sehari-hari hingga bersedia sejenak menghayati  keunikan apa yang tergambar di dalamnya. Kemudian membawa kesan tersendiri saat pulang. Kalau pun ada karya serupa yang dilihatnya di tempat lain, itu tidak sering terjadi. Karena kelangkaan peristiwanya, maka menemukannya di tempat berbeda justru akan menjadi resonansi yang memperkuat ingatan mereka tentang kantor kami. Itu!

Koleksi di Spasium ada banyak ragamnya. Ada yang berupa goresan pensil/pena, lukisan, fotografi, grafis, ilustrasi atau pun campuran dari berbagai media. Spesialisasinya pada karya seni bergaya modern dan kontemporer. Wah, pas banget kan, dengan kebutuhanku? Kebayang dong, bagaimana antusiasnya aku mengenal situs ini?

Dan antusiasme berujung dengan kegalauan. Pilihannya banyaaakkk…! Jadi bingung mau ambil yang mana. Rasanya semua layak untuk dipilih. Tapi untunglah aku sudah punya batasan kebutuhan, ya. Dengan panduan kebutuhan akan gaya dan warna interior yang ingin diwujudkan, aku bisa mengerucutkan pilihanku hingga tinggal 4 saja.

Masih 4, tepatnya. Karena kan, ada 4 pilihan itu berarti masih bingung menjatuhkan keputusan. Ini dia sumber kebimbanganku. Menurut kalian, sebaiknya aku pilih karya seni yang super minimalis seperti yang sebelah kiri atau yang lebih dekat dengan alam seperti pilihan yang kanan, ya?

Sepertinya, pajangan yang kiri itu cocok sekali dengan gaya interior modern dan kontemporer, ya. Tapi aku sangat terpesona dengan gaya natural pajangan di sebelah kanan. Tampaknya akan mampu menjadi oase menyejukkan di tengah gersangnya perabotan serba minimalis. Duh, pilih yang mana ya?

Hei, mungkin kamu ingin merasakan kegalauan yang sama? Hihihi… Mampir ke http://www.spasium.com. Dan kita bisa mendapatkan salah satu koleksi Spasium senilai maksimal 2 juta rupiah secara gratis, lho. Ikuti saja giveaway di sini. Semoga beruntung, ya! Caranya mudah sekali. Begini, nih:

  1. Penuhi semua syarat yang disebutkan dalam giveaway
  2. Cantumkan tautan ke artikel ini (https://rumahsurgablog.wordpress.com/2017/05/15/cara-praktis-mendandani-kantor-baru-dengan-karya-seni/) di bagian kolom komentar giveaway untuk memberitahu dari mana kamu mendapatkan informasi tentang giveaway Spasium
  3. Jawab juga pertanyaan berikut ini di bagian kolom komentar giveaway: “Dari koleksi-koleksi yang ada di Spasium, karya apa yang jadi favoritmu? Sebutkan judul karya, nama artis, dan ceritakan alasannya.”
Advertisements

2 thoughts on “Cara Praktis Mendandani Kantor Baru dengan Karya Seni

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s