Dari Pantai, Kami Mendaki Gunung Bisnis Online

Hai, Teman-Teman! Berasa ngga sih, kalau belakangan ini aku agak jarang menulis artikel di sini? Atau sebenarnya ngga ada yang merhatiin juga, ya? Hihihi… OK deh, buat yang penasaran (yang ngga penasaran juga tetap boleh baca, kok) kenapa aku jadi jarang membuat artikel baru, aku jelasin di artikel ini.

Jadi, ceritanya bermula pada saat Suami berlibur ke Derawan dan sekitarnya bersama putra kami. Iya, hasil menang lomba review Redwin Sorbolene Moisturiser itu. Di tengah liburan di sana, Suami mendapat ide brilian membuat sebuah produk perangkat lunak. Hari itu juga, Beliau serta-merta membenarkan meme-meme yang banyak beredar tentang “kurang piknik.”

Ternyata, suasana baru memang kadang diperlukan untuk mencari inspirasi. Empat hari diantara butiran pasir pantai, hembusan angin, asinnya air laut, deru speed boat, indahnya matahari tenggelam, lucunya bayi penyu, tarian para ikan, kenyalnya ubur-ubur dan lompatan lumba-lumba, telah mampu menelurkan sebuah rencana bisnis yang langsung dibagikan padaku via WhatsApp dan kita bahas dengan serius.

Ya, begitulah. Setinggi-tingginya bangau terbang, akhirnya ke pelimbahan juga. Walaupun kami sudah mencoba aneka bisnis, akhirnya kami merasakan daya tarik terkuat itu berasal dari bidang jurusan kuliah kami dulu, yaitu informatika.

Suami begitu bersemangat merancang produk software-nya. Kata Beliau, ini akan menjadi produk terbaik yang pernah Beliau buat. Jika tidak ada halangan berarti, produk ini dijadwalkan siap dipasarkan dalam 3 bulan ini.

Produk software-nya apaan, sih? Sementara masih rahasia, ya. Menunggu peluncurannya 3 bulan lagi sepertinya tidak terlalu lama, kan? Yang pasti, aplikasi ini berkaitan dengan bisnis online dan akan dipasarkan secara internasional.

Kalau jodoh memang tidak akan ke mana. Setiap teman yang kami bagikan ide ini memberikan tanggapan yang luar biasa positif. Diantaranya bahkan langsung bersedia menanggung semua biaya produksi dan pemasarannya. Dengan kata lain, kami telah mendapatkan investor dalam waktu singkat. Kami optimis dapat mencapai target pensiun dini 10 tahun ke depan melalui produk ini. Uhuy banget, ya resolusinya? Mohon doanya, Teman-Teman!

Benar, rencananya produk ini akan dipasarkan secara online. Karenanya, kami membutuhkan website sebagai pusat informasi, pelayanan dan penjualan. Lumayan lah, secuplik pengalaman selama menjadi bloger bisa diterapkan di sini untuk mengisi konten dengan artikel-artikel yang bersesuaian dan bermanfaat. Hehehe…

Mengapa Harus Dijual Online?

Hmm… Sebenarnya tidak harus, kok. Namun jika kita mengetahui berbagai keunggulan pemasaran secara online alias digital marketing / internet marketing, akan tampak sayang sekali jika jalur pemasaran via internet ini tidak menjadi bagian dari bisnis kita. Apa saja sih, kelebihannya pemasaran secara online? Ini dia beberapa diantaranya:

1. Tren

Ya, saat ini internet semakin meningkat penggunaannya dari hari ke hari. Sayang sekali jika media ini tidak dimanfaatkan sebagai sarana pemasaran, mengingat akan ada banyak pelanggan potensial yang dapat dijaring.

2. Cepat

Tidak diragukan lagi, teknologi digital memang memberikan hasil yang jauh lebih cepat dan akurat dalam mengirimkan pesan dibandingkan teknologi analog dan cara-cara sebelumnya.

3 Cakupan Luas

Jaringan internet yang mendunia membuat jangkauan pemasaran bisa sedemikian luas. Di mana pun internet ada, di situlah target pemasaran dapat disasar. Proses berbagi informasi pun bisa dilakukan secara viral dan masif

4. Efektif

Dengan teknologi saat ini, kita bisa memilih pangsa pasar yang sesuai dengan produk kita. Kita bisa mengetahui kegemaran dan preferensi seseorang dari apa yang sering dicari dan dikunjunginya di internet.

5. Efisien

Kecepatan dan cakupan yang luas membuat kinerja pemasaran melalui internet ini menjadi efisien. Bandingkan dengan mengutus banyak orang sebagai sales untuk mendatangi rumah-rumah dan mempromosikan sambil membawa produk ke sana ke mari.

6. Murah

Efektivitas dan efisiensi yang disediakan internet dalam dunia pemasaran mampu menekan biaya menjadi sangat murah. Dengan biaya puluhan ribu rupiah saja misalnya, sebuah produk dapat dikenal oleh ribuan pengguna internet.

Bahkan, investasi dari sisi konten pun bisa tidak mengalami masa kadaluarsa. Justru menjadi makin produktif seiring bertambahnya waktu karena telah menempati posisi yang bagus di mesin pencari dan menarik pengguna internet untuk menyimaknya.

7. Leluasa

Pemasaran melalui internet memberikan ruang dan waktu yang longgar bagi calon pelanggan untuk mengenal produk kita. Mereka tidak perlu dicegat di tengah perjalanan untuk menerima brosur, diganggu jam tidurnya oleh sales yang datang ke rumah, atau diharuskan menanggapi telepon dari telemarketer saat itu juga. Calon pelanggan dapat memahami produk yang ditawarkan di saat memang ia meluangkan waktunya untuk itu ketika menggunakan internet.

8. Intensif

Ya, karena keleluasaan waktu yang disediakan, pemasaran melalui internet memberikan tingkat intensitas yang tinggi dari calon pelanggan untuk dapat mencurahkan seluruh perhatiannya terhadap produk kita saat di depan layar.

9. Edukatif

Media internet memungkinkan pengguna merasa dekat dan akrab dengan produk dalam berbagai sisi dengan berbagai informasi yang dapat disalurkan melalui multimedia. Tulisan, gambar, suara dan komponen lainnya dapat diramu dengan cara yang sangat variatif menjadi sebuah bacaan, tontonan, permainan dll.

Tidak hanya untuk memperkenalkan produk, namun kita juga dapat menambah wawasan atau tips bagi pelanggan terkait  hal-hal yang berhubungan dengan produk kita.

10. Interaktif

Internet adalah sebuah media horizontal di mana posisi produsen dan konsumen sejajar dan dapat berkomunikasi dua arah. Dengan media internet, produsen dapat menjaga hubungan baik dengan pembeli aktual serta mengembangkan cakupan ke pembeli potensial lainnya.

11. Responsif

Pelanggan dapat menunjukkan minat mereka terhadap produk atau bagian dari konten misalnya dengan memencet tombol Suka, berkomentar dan berbagi. Pemasar pun dapat memberikan tanggapan balik terhadap pendapat, keluhan atau saran pelanggan.

12. Kendali Informasi

Ya, internet memungkinkan kita memiliki kantor resmi di dunia maya. Yang secara luas dapat menjadi media penerangan bagi pengguna internet untuk langsung mendapatkan informasi akurat tentang produk kita, meresponnya dan mendapatkan tanggapan dari produsen di tengah arus informasi yang simpang siur dari berbagai pihak.

13. Mudah

Tentu saja inilah tujuan diciptakannya sebuah teknologi, yaitu untuk mempermudah kinerja manusia dalam memenuhi kebutuhannya. Dengan teknologi digital, penggunanya dapat memperoleh informasi tentang produk kita saat di depan komputer maupun di tengah perjalanan. Segala bentuk interaksi dan transaksi pun menjadi lebih mudah dengan hadirnya teknologi ini.

14. Lebih Terukur

Pemasaran digital memiliki banyak peralatan untuk mengukur seberapa besar efektivitas dan keberhasilan dari sebuah strategi pemasaran. Hasil ukurnya pun terintegrasi dengan sistem dan dapat diolah sesuai kebutuhan untuk menentukan langkah kebijakan selanjutnya.

Nah, itulah mengapa pemasaran digital kini menjadi semacam keniscayaan bagi siapa pun yang ingin dikenal dan dekat dengan banyaknya pengguna internet di dunia maya. Bagaimana? Anda tertarik untuk berbisnis online juga?

Advertisements

14 thoughts on “Dari Pantai, Kami Mendaki Gunung Bisnis Online

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s