4 Kunci Mewujudkan Arti #MemesonaItu Dalam Diri

#MemesonaItu sebenarnya apa, sih? Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia termuat artinya begini:

memesona/me·me·so·na/ v sangat menarik perhatian; mengagumkan:

Pernahkah Anda begitu tertarik dan kagum pada seseorang? Mengapa? Karena kecantikannya? Keindahan pakaiannya? Gayanya? Suaranya? Kepandaiannya? Sikapnya? Atau apa?

Tidak mudah memang memastikan alasan mengapa kita begitu tertarik dan kagum pada seseorang. Namun, dari pengamatanku selama ini, menurutku setidaknya ada 4 hal yang dimiliki oleh setiap pribadi yang mampu memancarkan pesona ke sekelilingnya. Mau tahu apa saja? Ini dia!

  1. ME-mahami diri
  2. ME-ngaktualisasi diri
  3. SO-sialisasi
  4. NA-tural

ME-mahami Diri

Ya, ini adalah langkah awal untuk segalanya. Kenali diri, baik kelebihan dan kekurangan kita, dan menerima semuanya sepenuh hati. Penerimaan diri adalah langkah penting untuk mengakui segala kelebihan dan kekurangan kita sebagai satu paket utuh yang membentuk citra diri kita.

Pada dasarnya, tak ada unsur dalam diri kita yang sia-sia atau malah membuat kita kewalahan. Setiap kelebihan akan menjadi kekuatan dalam diri dan kita harus mampu mengendalikan penggunaannya. Dan setiap kekurangan akan menjadi penyeimbang hidup, pemberi kesempatan bagi pihak lain untuk mewarnai hari atau bahkan menjadi sebuah kekuatan jenis baru yang tak terduga sebelumnya.

Misalnya, nih, aku memiliki suara yang pelan. Namun hal itu ternyata ditangkap oleh orang sekitar sebagai sebuah anggapan bahwa aku adalah pribadi yang lembut. Padahal, aku menyadari betul bahwa sebenarnya aku ini seorang yang keras kepala. Hei, akhirnya aku bisa mengolah suara pelanku ini saat menyampaikan pendapat dalam sebuah diskusi sehingga kata-kataku yang kadang frontal tetap terdengar santun di telinga pendengar. See?

Jadi, ambil cermin sekarang. Amati bayangan yang tampak di hadapanmu. Berdialoglah dengan diri sendiri untuk menemukan kekuatanmu dan kekuatan potensial dalam kelemahanmu!

ME-ngaktualisasi Diri

Jika kita telah berhasil menggali seperti apa diri kita, maka ini saatnya menunjukkannya pada dunia. Berbuatlah sesuatu dengan apa yang kau miliki. Bagaimana bisa kita memesona jika tak ada yang tampak dari dalam diri kita? #MemesonaItu artinya ada sesuatu yang berbeda dalam diri kita. Buatlah orang menyadarinya sehingga pesonamu pun terpancar.

Aku pribadi yakin bahwa setiap manusia itu unik. Jadi, ini bukan tentang menjadi yang paling hebat dibanding yang lain. Karena sesungguhnya setiap orang bisa hebat dengan kemampuannya masing-masing. Namun, aktualisasi adalah bagaimana kita bisa menunjukkan keunikan potensi kita diantara sesama.

Rambut bisa sama hitam, namun kutunya bisa saja berbeda. Eh? Maksudnya, isi kepala pasti berbeda. Karena kekuatan, kelemahan, pengetahuan, perasaan, kebutuhan, kesukaan dan pengalaman orang berbeda-beda. Sehingga dari sebutir jagung saja, ada orang yang merebusnya, membakarnya atau membuatnya jadi popcorn. Jadi, apa karyamu hari ini?

SO-sialisasi

Jalankan fungsi sosialmu. Ambil peranmu dalam kehidupan. Jadikan potensi dalam dirimu bermanfaat bagi sekitar. Tak harus memikirkan hal besar. Kadang, hal kecil yang tak terpikir orang lain, jika kita kerjakan dengan sungguh-sungguh dan konsisten akan sangat berarti. Sebagai penggila fashion, rutin menyedekahkan pakaian setiap habis berbelanja baju baru, misalnya. bisa menjadi contoh aksi sosial yang dilakukan. Satu baju baru masuk, itu artinya harus ada satu baju lama yang keluar. Berani?

NA-tural

Ya, setiap pribadi yang #MemesonaItu seolah tidak menyadari pancaran pesonanya sendiri. Semua tampak begitu alami, tidak dibuat-buat. Sepertinya inner beauty itu memang benar-benar ada.

Layaknya tingkah laku anak-anak yang kerap memesona mata dan hati kita setiap memandangnya. Mereka bernyanyi seolah tidak ada yang mendengar. Mereka menari seolah tidak ada yang melihat. Mereka belajar terus-menerus dan berulang tak mengenal lelah hingga mampu meraih suatu titik ketrampilan.

Maka jalanilah semua tahapan di atas dengan apa adanya. Hayati setiap prosesnya. Syukuri setiap keberhasilannya dan jadikan setiap kegagalannya sebagai pelajaran. Semoga dengan begitu, lambat-laun pesonamu semakin memancar dengan pancaran unik nan tulus.

#MemesonaItu

 

Advertisements

6 thoughts on “4 Kunci Mewujudkan Arti #MemesonaItu Dalam Diri

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s