Website, Bangunan Virtual di Dunia Maya

Seiring dengan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi, masyarakat Indonesia pun semakin akrab dengan internet. Data statistik menunjukkan semakin meningkatnya jumlah pengguna internet di Indonesia dari tahun ke tahun. Apa lagi sejak materi tentang internet dimasukkan ke dalam Kurikulum Berbasis Kompetensi Edisi 2004 pada mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) untuk jenjang SMA.

Dengan bantuan internet, kita pun mengenal adanya website yang berperan sebagai rumah, kantor, toko atau pun fungsi yang lain di dunia maya. Benar. Selain kita bisa membuat bangunan di dunia nyata, kita juga bisa lho, memiliki bangunan virtual di dunia maya. Fungsi website memang mirip sebagaimana bangunan dalam dunia nyata.

Website pribadi milik bloger, misalnya, berperan sebagaimana rumah. Di mana kita bisa berkunjung, membaca cerita kesehariannya, berkomentar dan mendapatkan kunjungan balasan.

Sedangkan website sebuah perusahaan biasanya berperan sebagai kantor. Di mana kita bisa mendapatkan informasi tentang profil perusahaan, para pemegang jabatan, produk, kegiatan dan juga lowongan kerja yang mungkin tersedia.

Ada pun website toko merupakan tempat memajang berbagai barang dagangan dan melakukan transaksi jual-beli. Ada lagi website forum yang berfungsi seperti balai diskusi yang mengumpulkan berbagai macam komunitas untuk saling berbagi informasi, pertanyaan dan pengalaman sesuai bidang minatnya masing-masing. Ada juga website yang berperan layaknya perpustakaan tempat kita mencari tahu tentang apa saja. Singkatnya, hampir-hampir setiap aktivitas berbagi informasi dan berkomunikasi di dunia nyata bisa kita lakukan juga di dunia maya melalui website.

Perkembangan teknologi website pun ikut dirasakan di Indonesia. Mulai dari jenis website yang tadinya bersifat statis, berkembang menjadi dinamis dan kemudian interaktif.

Website statis tidak dimaksudkan untuk diperbarui secara berkala sehingga pengaturan ataupun pemutakhiran isi dilakukan secara manual. Sedangkan website dinamis secara spesifik didesain agar isinya dapat diperbarui secara berkala dengan mudah. Ada pun website interaktif yang saat ini sanat digemari adalah web di mana pengguna bisa berinteraksi dan berkomentar secara timbal-balik.

Website, Investasi Masa Kini

Kalau zaman dulu, orangtua dan kakek-nenek kita suka sekali ya berinvestasi dengan cara membeli sebidang tanah, membangun rumah, berjualan di toko atau menjalankan bisnis dalam sebuah perusahaan.

Sebagaimana bangunan di dunia nyata, website sebenarnya juga merupakan investasi yang bagus, lho. Jika kita mampu mendatangkan lalu-lintas yang ramai ke website kita, itu akan menjadikannya bernilai tinggi dan layak dibeli dengan harga yang mahal.

Biayanya pembuatannya pun relatif murah dibandingkan jika kita membangun bangunan fisik. Dengan membangun website, kita hanya membutuhkan tenaga desain sebagai arsitek, membeli domain sebagai alamat lokasi website  dan menyewa hosting untuk menyimpan data.

Masih bingung dengan istilah-istilah ini? Yuk, simak lebih lanjut keterangan berikut.

  • Website: halaman informasi yang biasa kita lihat di layar komputer. Ibaratnya seperti rumah atau toko yang kita masuki
  • Domain: nama unik untuk bangunan website kita
  • Hosting: tempat untuk menampung data-data yang diperlukan oleh sebuah website sehingga dapat diakses melalui internet. Data dapat berupa file, gambar, surat elektronik, aplikasi/program/skrip dan basis data. Jika diibaratkan, hosting adalah ruang dalam gudang untuk menyimpan data

Nah, bagaimana? Tertarik untuk membuat website sebagai salah satu investasi yang sangat menarik atau menjanjikan?

Advertisements

4 thoughts on “Website, Bangunan Virtual di Dunia Maya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s