There’s No Place Like Hong Kong

Sumber gambar: discoverhongkong.com
Sumber gambar: discoverhongkong.com

Begitulah jargon iklan pariwisata Hong Kong di televisi saat aku masih kecil. Kalimat itu begitu melekat di benakku setiap kali disebutkan kata Hong Kong. Membuatku penasaran, seperti apa sih, Hong Kong itu sebenarnya?

Rasa penasaran itu belum pernah terjawab hingga kini. Karena memang aku belum pernah sama sekali menjelajah bumi Hong Kong. Membaca pengumuman kompetisi blog di Wego yang bertajuk “Let’s Discover Hong Kong” membuat rasa ingin tahuku kembali terbetik.

Ketika di sana diminta untuk berselancar ke laman Discover Hong Kong dan memilih lokasi, kegiatan, atau makanan (boleh lebih dari satu) yang paling menarik dan ingin didatangi, oh oh… Bingungnya aku menentukan juaranya di hati. Karena begitu banyak yang ingin aku jelajahi di Hong Kong!.

Alhasil, sekalian saja lah aku menyusun semua hal yang ingin aku kenali dari Hong Kong ini dalam sebuah susunan itinerary. Karena hadiah utama yang disediakan diantaranya adalah voucher menginap di Gateway Hotel selama 4 hari 3 malam, maka aku menyusun jadwal perjalanan selama itu dengan Gateway Hotel sebagai titik awal keberangkatan setiap hari. Begini hasilnya.

Hari Pertama

2

3

Aku mulai jadwalku dengan check in sesuai jadwal yang disediakan Gateway Hotel, yaitu pukul 3 sore. Setelah mandi dan shalat, dimulailah petualanganku dengan mengunjungi tempat indah yang sangat dekat dengan hotel yaitu Taman Kowloon.

Sumber: discoverhongkong.com
Sumber: discoverhongkong.com

Lihat deh, cantik sekali ya, taman ini. Percaya tidak kalau sebelumnya taman ini adalah benteng militer, lho. Jadi, di dalamnya kita akan menemukan jejak kota benteng, terutama kantor administrasi pemerintah kekaisaran. Bahkan bekas menara benteng dan kanon diubah menjadi taman bermain di sini. Asyik sekali, ya?

Pada bagian taman khusus bergaya Cina, terdapat kolam teratai 2 tingkat dan kolam terrapin (kura-kura di air payau). Di bagian lain, kita akan menjumpai danau burung, taman burung, taman labirin, taman mawar aneka warna, jalur jogging, lapangan sepakbola mini, alun-alun seluas 3000 meter kubik bahkan taman di atas atap Park Lane Shopping Arcade sepanjang Nathan Road yang dilengkapi tanaman dan bangku-bangku untuk beristirahat. Semua pemandangan panoramik ini bisa kita saksikan di puncak bukit mungil setinggi 37 meter di atas permukaan laut yang dibangun untuk menutupi ruang pompa air di dalam taman ini. Duh, mupengnya

Sumber: discoverhongkong.com
Sumber: discoverhongkong.com

Kemudian, perjalanan dilanjutkan dengan mengunjungi Science Museum untuk menuntaskan dahaga anak-anak terhadap ilmu pengetahuan. Pasti mereka akan merasa asyik sekali di dalamnya karena tidak sekadar melihat benda-benda di sana melainkan bisa memegang dan memainkannya! Anak-anak diajak memahami tentang berbagai topik keren seperti robotik, virtual reality, transportasi dan energi dengan cara yang menyenangkan.

Puas belajar sambil bermain, kita akan mampir ke Masjid Kowloon yang sekaligus merupakan salah satu Islamic Center di Hong Kong untuk beristirahat, shalat dan mengisi perut dengan makanan halal serta relatif murah yang banyak dijajakan di sekitarnya.

Sumber: discoverhongkong.com
Sumber: discoverhongkong.com

Usai shalat Isya’, kami akan menuju Avenue of Stars. Kabarnya, tempat ini sedang mengalami renovasi hingga awal 2018. Namun tidak masalah, kami ke sana karena ini merupakan salah satu titik terbaik dan terdekat dengan Gateway Hotel untuk menyaksikan Simphony of Lights tepat pukul 8 malam. Yaitu pertunjukan multimedia berupa permainan cahaya mengikuti alunan musik yang melibatkan lebih dari 40 gedung di kedua sisi pelabuhan Victoria. Pertunjukan ini mendapatkan gelar ‘World’s Largest Permanent Light and Sound Show’ dari Guinness World Records. Ada 5 tema utama pertunjukan ini, yaitu: Awakening, Energy, Heritage, Partnership dan Celebration. Dan sepertinya, hari pertama ini akan ditutup dengan mimpi yang sangat indah mengingat perjalanan seharian yang demikian mempesona.

Hari Kedua

4

5

Yup, kita akan mulai hari ini pukul 6 pagi sesuai jam dimulainya MTR (Mass Transit Railway) beroperasi. Tujuan pertama kita adalah Zoological & Botanical Garden karena sudah buka sepagi ini.

Sumber: discoverhongkong.com
Sumber: discoverhongkong.com

Taman ini terdiri dari 2 bagian, yaitu Taman Lama di Timur dan Taman Baru di Barat. Di dalam taman bagian Timur terdapat air mancur, rumah hijau dan taman burung berisi aneka koleksi eksotis seperti Flamingo Amerika, Jalak Bali, Angsa Hawai dan Burung Jenjang Bermahkota Merah. Sedangkan bagian Barat merupakan tempat tinggal mamalia seperti orangutan, gibon, monyet tamarin dan racoon serta reptil seperti penyu. Wah, pasti menarik ya, bertemu dengan mereka dalam lingkungan nan segar dan asri begini.

Sumber: discoverhongkong.com
Sumber: discoverhongkong.com

Selanjutnya, kita akan menuju The Peak menggunakan tram yang lokasinya berdekatan dengan taman. Menyaksikan pemandangan seluruh Hong Kong dari titik tertinggi yaitu Sky Terrace 428 tentu sangat menakjubkan. Rangkaian gedung pencakar langit yang memagari pelabuhan Victoria, berdampingan dengan bukit hijau di New Territories. Jika menjelang matahari terbenam, pasti pemandangannya akan lebih indah. Sayangnya, sudah terisi dengan jadwal lain. Toh, kabarnya The Peak tetap mempesona dilihat pada pagi, siang sore maupun malam.

10
Sumber: oceanpark.com.hk

Lalu, Ocean Park! Sepertinya inilah tempat paling menarik di Hong Kong bagiku. Karena atraksinya banyak sekali! Ada lebih dari 50 atraksi dan semuanya tampak seru. Wah, tidak akan cukup nih, waktu seharian untuk bisa menikmati semuanya sekaligus. Beberapa atraksi di sini yang menarik bagiku adalah Adventures in Australia, Shark Mystique, Polar Adventure, Old Hong Kong, Rainforest, Aqua City dan Amazing Asian Animals.

Sumber: discoverhongkong.com
Sumber: discoverhongkong.com

Setelah waktu bermain habis, kita meluncur ke Indo Market depan Victoria Park untuk mengobati rasa rindu pada selera asal. Ya, di sini dijual aneka makanan khas Indonesia dengan harga bersahabat.

Sumber: discoverhongkong.com
Sumber: discoverhongkong.com

Dan sebagai penutup hari, kita akan naik Observation Wheel untuk melihat pemandangan pelabuhan Victoria lengkap dengan Simphony of Lights-nya dari ketinggian 60 meter.

Hari Ketiga

6

7

Tak banyak memang tujuan kita di hari ketiga ini. Karena kami akan menghabiskan waktu di Pantai Ma Wan dan melanjutkan perjalanan ke Disneyland! Wow! Dua tempat idaman hati anak-anak, nih, yang akan kita gunakan untuk mengisi hari ini sejak pagi hingga menjelang tidur malam.

Sumber: discoverhongkong.com
Sumber: discoverhongkong.com

Hari Keempat

8

9

Hari terakhir diisi dengan menyusuri Stanley Promenade. Tak lupa mengagumi kemegahan Murray House dan Taman Ma Hang yang memiliki jalan kayu, taman kupu-kupu, dek untuk berolahraga, tempat mengamati burung, jalur edukasi, serta teras dan patio untuk memandangi laut. Semua berada di bagian yang berbeda dan menyatu dengan pemandangan alam.

Sumber: discoverhongkong.com
Sumber: discoverhongkong.com

Puas memandangi laut, kita meluncur ke kantin di lantai 5 Masjid Ammar & Osman Ramju Sadick Islamic Centre yang menyediakan dimsum dan satu-satunya Cantonese Food halal di Hong Kong.

Sumber: discoverhongkong.com
Sumber: discoverhongkong.com

Setelah kenyang, kita mampir sebentar ke Space Museum untuk belajar dengan gembira dan akhirnya bersiap untuk check out.

 Postingan ini diikutsertakan dalam kompetisi blog #WegoDiscoverHK

Advertisements

8 thoughts on “There’s No Place Like Hong Kong

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s