Belajar Bersama HOOQ: Kapan Saja, Di Mana Saja

blok1Menjalani homeschooling, artinya kemandirian dan kreativitas orangtua sangat dituntut dalam menyampaikan materi pelajaran dan menyediakan aneka sarana belajar yang sesuai. Kemajuan teknologi masa kini tentu sangat membantu berlangsungnya proses belajar di rumah kami.

Ya, belajar yang efektif adalah belajar dengan mengaktifkan semua indera. Multimedia merupakan salah satu sarana bagus yang dapat menunjang kebutuhan tersebut. Multimedia juga merupakan pilihan praktis untuk mengakomodasi anak-anak dengan berbagai tipe belajar, baik yang visual maupun auditorial. Belajar lewat video? Mengapa tidak?

Mungkin kebanyakan persepsi kita tentang video adalah sarana bermain dan hiburan. Padahal, sebenarnya video kan hanya sebuah benda yang memuat gambar sekaligus suara, ya? Masalah kontennya, itu bisa kita pilih sendiri mana yang bermanfaat buat kita.

Sekarang kan sudah banyak beredar video pendidikan dan ilmu pengetahuan. Tayangan di televisi pun beberapa memuat acara yang cukup bagus bagi anak-anak. Begitu juga kalangan sineas, semakin tampak geliatnya dalam berusaha menyajikan tontonan yang berkualitas dan layak tonton bagi anak. Jadi, aktivitas menonton bukanlah momok dalam pendidikan, justru dia adalah fasilitas yang dapat mendukung kegiatan belajar jika digunakan secara bijak.

Berkenalan dengan HOOQ2Karena itu, aku langsung tertarik ketika mendapat penawaran untuk mencoba HOOQ. HOOQ adalah portal yang menyediakan layanan premium pertama di Asia yang merupakan hasil joint-venture dari Sony Pictures, Warner Bros, dan Singtel. Layanan video on demand ini hadir lebih dulu di Thailand, Filipina dan India.

Video on Demand (VOD) adalah sistem televisi interaktif yang memfasilitasi khalayak untuk mengontrol atau memilih sendiri pilihan program video dan klip yang ingin ditonton. Fungsi VOD seperti layaknya video rental, di mana pelanggan dapat memilih program atau tontonan yang ingin ditayangkan.- Wikipedia

HOOQ: Kapan Saja, Di Mana Sajablok2Inilah 2 keunggulan utama yang menjadi jargon layanan HOOQ. HOOQ dapat dinikmati kapan saja dan di mana saja. Bagaimana bisa? Tentu bisa!

HOOQ dapat dinikmati KAPAN SAJA, karena:

Namanya juga video on demand, jadi ya kita sendiri yang menentukan kapan akan menonton suatu tayangan. Kita tidak lagi terpaku dengan jadwal siaran televisi. Toh, di rumah ini memang tidak ada televisi. Namun beberapa tayangan positif yang ada di TV cukup bermanfaat juga jika kita bisa menontonnya. Dengan bantuan HOOQ, semua itu bisa terwujud.

HOOQ dapat dinikmati DI MANA SAJA, karena:

Selain dapat diakses melalui web di komputer/laptop, konten HOOQ juga dapat dinikmati melalui smart TV yang menggunakan Chromecast dan diunduh ke tablet maupun smartphone melalui aplikasi Google Play atau App Store.

Jadi, kita bisa menikmati konten HOOQ secara luring dalam genggaman kita. Ini tentu sangat berguna untuk membunuh kebosanan anak di tengah perjalanan sebagai salah satu alternatif mengisi waktu dengan tayangan pilihan. Dengan menyediakan tayangan yang siap tonton dalam gawai, memperkecil kesempatan anak untuk mengakses internet dan terpapar berbagai hal yang tidak sesuai, kan?

Apa lagi, HOOQ mengizinkan total sampai 5 handset (dengan kombinasi PC, handset dan tablet) yang didaftarkan dalam satu akun. Jadi kita bisa tetap mengakses konten HOOQ dengan 5 gawai yang berbeda sesuai kebutuhan dan mobilitas kita saat itu.

Bahkan, kita bisa masuk, menonton atau mengunduh konten menggunakan 2 gawai secara bersamaan, lho. Untuk mengunduhnya, bisa hingga maksimal 5 film pada saat yang bersamaan dalam satu akun.

Wah, solutif nih, untuk keluarga dengan banyak anggota seperti kami. HOOQ telah memberikan pengalaman baru dalam menikmati tontonan dengan keluasaan kapan saja dan di mana saja yang kita mau.

Bagaimana Kualitas Konten HOOQ?

Baiklah, HOOQ menawarkan kemudahan menonton. Namun, bagaimana kualitas konten yang dimiliki HOOQ sendiri? Apakah legal? Semua tayangan dari luar negeri? Ada terjemahannya? Variatif? Kualitas gambar dan suaranya bagaimana? Memuatnya lama, ya? Dst, dll.

Tak kenal maka tak sayang. Berdasarkan pengalamanku mencoba HOOQ, maka aku bisa informasikan kepada kalian tentang konten dalam HOOQ sendiri. Ini dia!blok3Legal

Hal ini disebabkan HOOQ bekerjasama dengan berbagai penyedia konten dengan hak lisensi streaming untuk berbagai jenis serial TV dan film. Sehingga, tentu saja seluruh konten dalam HOOQ adalah legal. Tidak ada satu pun produk bajakan di dalamnya.

Muatan Lokal

Inilah kelebihan HOOQ dibanding layanan video on demand yang lain, yaitu tersedianya tontonan hasil karya anak bangsa maupun Asia di samping tontonan dari Negeri Barat. Ini tentu sangat memudahkan kami mengadaptasinya sebagai tontonan anak. Karena dengan begitu, kita tetap bisa menikmati acara untuk anak-anak di TV di Indonesia walau tidak memiliki televisi.

Selain tayangan TV, HOOQ juga memiliki koleksi klip dan video lepas yang memuat tentang ilmu pengetahuan, kreativitas, hobi dll. Jadi, kita tidak perlu terlalu sering mengubek-ubek toko VCD dan DVD untuk mendapatkannya. Atau mencarinya di Youtube sambil berharap ada yang mengunggahnya, yang kadang secara ilegal. Atau memasang aneka aplikasi penyedia VCD anak ini dan itu.

Tunggu, cek saja dulu di HOOQ, siapa tahu ada. Sehingga, kita bisa menghemat memori gawai kita. Karena cukup dengan satu aplikasi HOOQ di dalamnya, kita bisa mendapatkan lebih banyak tontonan yang kita butuhkan.

Banyak Genre

Tak perlu kawatir mati gaya jika menggunakan layanan HOOQ. Karena HOOQ berisi konten sebanyak lebih dari 10.000 dengan durasi lebih dari 35.000 jam dan tentu akan terus bertambah. Itu artinya, seluruh konten HOOQ baru akan habis kita nikmati selama 4 tahun lebih nonstop! Yang semuanya telah dikelompokkan ke dalam kategori masing-masing yang sangat variatif dan detil. Misalnya untuk keluarga saja, kami bisa memilih diantara kategori: Top Family & Kids, For Toddler, For Little Kids dan For Big Kids. Beberapa diantaranya pasti akan menjadi favoritmu.

Subtitle

Menguatkan pelayanannya yang maksimal kepada pelanggannya di Asia, selain hadirnya konten lokal, HOOQ.juga menyediakan pilihan terjemahan dalam Bahasa Indonesia dan Filipina di samping teks Bahasa Inggris. Walaupun belum semua kontennya memiliki fasilitas ini. Dan kadangkala kesesuaian teks dengan alur klip serta kualitas terjemahannya yang kurang tepat jadi agak mengganggu. Namun, acungan jempol deh, buat usahanya. Terus ditingkatkan lagi kualitasnya, ya.

Rating

HOOQ juga menyertakan rating usia sesuai ketentuan tiap negara pada kontennya. Sehingga memudahkan kita untuk menyeleksi tontonan sejak awal agar anak-anak hanya mengkonsumsi tayangan yang sesuai dengan usianya.

History3HOOQ menyediakan berbagai fitur yang sangat membantu pada halaman pertama yang kita lihat begitu masuk. Salah satunya berisi daftar tayangan apa saja yang pernah kita tonton.

Bahkan, dia juga menyimpan informasi video mana yang belum selesai kita tonton. Sehingga jika kita ingin melanjutkan menontonnya, tinggal klik klip yang dimaksud dan video akan berjalan sejak dari terakhir kita memutarnya. Asyik, kan? Hal ini tersimpan pada semua gawai yang terdaftar dalam akun kita. Jadi kalau misalnya kita setengah jalan memutar video di komputer dan harus segera berangkat keluar, kita tetap bisa langsung melanjutkan tontonan kita sambil mengisi waktu selama perjalanan dengan menggunakan tablet/smartphone. Asalkan video tersebut telah diunduh ke dalamnya. Great!

Tanpa Iklan

Ini lagi fasilitas super nyamannya. Tidak ada iklan yang tiba-tiba datang mengganggu konsentrasi kita saat menonton. Bandingkan saja jika kita menontonnya di televisi, Youtube atau fasilitas streaming yang lain. Iklan yang kadang tidak hanya mengganggu namun juga tidak sesuai dengan tayangan anak. Sekarang, kita bisa bebas dari semua itu dengan menggunakan HOOQ.

Kualitas Gambar dan Suara yang Bagus

Jangan kawatir soal gambar dan suara. Semuanya jernih dalam kualitas terbaiknya. Bahkan untuk video lama sekali pun. Beberapa film dan serial TV tersedia dalam kualitas HD. Namun, berkaitan dengan perjanjian akan hak konten, memang ada film atau serial TV yang tidak tersedia dalam kualitas tersebut.

Cepat!

Walaupun memuat banyak poster dan video dengan resolusi tinggi, proses pemuatan konten berlangsung relatif cepat, hampir tanpa hambatan. Pokoknya mata benar-benar dimanjakan di sini dengan semata gambar yang bagus dan berjalan lancar. Kalau ingin lebih hemat, kita juga bisa menyesuaikan tingkat resolusi yang kita inginkan dengan kapasitas gawai kita, kok.

Urusan dengan HOOQ Itu Serba Mudah, Deh

Wah, wah… siapa yang tidak ingin berlangganan HOOQ kalau begini? Berbagai fasilitas dan kenyamanan yang ditawarkan, benar-benar jawaban bagi kebutuhan kita yang semakin tinggi terhadap teknologi, ya.

Tapi eh tapi, pasti syarat berlangganannya ketat, ya? Harganya mahal, dong? Pembayarannya ribet ngga, sih? Kalau sudah terlanjur berlangganan lalu merasa tidak cocok, bagaimana?

Tenang! Di HOOQ itu serba mudah, kok. Inilah beberapa kemudahan yang ditawarkan HOOQ:4Pendaftaran

Cara mendaftar di HOOQ sangat mudah. Kita bisa menggunakan login Facebook, alamat email dan nomor HP. tanpa perlu kartu kredit.

Setiap pelanggan akan mendapatkan bonus masa percobaan selama 7 hari secara gratis! Jadi, tak perlu ragu lagi mendaftar di HOOQ, ya. Coba saja dulu maksimalkan kesempatan 7 hari untuk mengeksplorasi fitur-fitur yang ada sambil menimbang-nimbang apakah benar-benar bisa memenuhi kebutuhan kita atau tidak.

Harga

Jika merasa pas dengan apa yang disajikan HOOQ, kita bisa memutuskan untuk rutin berlangganan begitu masa bonus berakhir. Ya, HOOQ memiliki banyak pilihan paket yang sangat ramah di kantong. Tinggal disesuaikan saja dengan kebutuhan kita. Berikut ini daftar paket yang disediakan HOOQ:

paketTidak ada perbedaan fasilitas dalam setiap paketnya. Paket 7 Days pun sudah bisa menikmati seluruh konten HOOQ. Kalau dihitung-hitung, lebih murah lho, dibandingkan membeli atau menyewa VCD/DVD kepingan.

Dengan harga ramah begini, kesempatan untuk bisa menikmati tontonan bagus dan berkualitas dengan cara legal pun semakin meluas, ya.

Pembayaran

Ada beberapa metode pembayaran yang disediakan HOOQ untuk pelanggannya. Selain kartu kredit/debit (Visa dan Mastercard), kita bisa membayar dengan pemotongan pulsa (XL, Telkomsel, 3, Indosat dan Smartfren).

Pembatalan

Jika kita ingin berhenti berlangganan, maka kita bisa melakukan pembatalan kapan saja tanpa biaya tambahan! Nah, kurang mudah apa, coba? Itulah kesanku secara keseluruhan tentang HOOQ. Bagaimana denganmu? Sudahkah mencobanya?

Ngomong-ngomong, jika kalian jeli, ada banyak bintang bertebaran dalam grafisku, lho. Itu adalah rating star yang aku berikan untuk setiap keunggulan yang ditawarkan HOOQ. Ada kekurangannya, namun banyak juga kelebihannya. Jika dihitung rata-rata, maka skor yang aku berikan untuk layanan HOOQ ini adalah 4,47.5

Sebuah pencapaian nilai yang menunjukkan bahwa layanan ini memang patut direkomendasikan, ya. Silakan mencobanya sekarang juga. Dan temukan pengalamanmu sendiri bersama HOOQ!

Advertisements

2 thoughts on “Belajar Bersama HOOQ: Kapan Saja, Di Mana Saja

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s