Cerita Marketing Digitalku, Dulu dan Kini

Sebelum cerita ke sana ke mari, kita samakan persepsi dulu ya, apakah itu marketing digital atau pemasaran digital. Secara umum, pemasaran digital adalah:

Aktivitas menggunakan teknologi digital untuk menciptakan pasar dengan cara mempromosikan merek, membangun preferensi dan meningkatkan penjualan

Nah, teknologi digital ini ada yang menggunakan media internet maupun tidak. Jadi, praktik pemasaran digital bisa digambarkan seperti ini:

1

Tren pemasaran digital, terutamanya pemasaran melalui internet ini semakin dilirik mengikuti perkembangan zaman yang semakin digital. Apa saja sih, kelebihan pemasaran melalui internet dibanding cara yang lain? Ini dia beberapa diantaranya:

2

1. Tren

Ya, saat ini internet semakin meningkat penggunaannya dari hari ke hari. Sayang sekali jika media ini tidak dimanfaatkan sebagai sarana pemasaran, mengingat akan ada banyak pelanggan potensial yang dapat dijaring.

2. Cepat

Tidak diragukan lagi, teknologi digital memang memberikan hasil yang jauh lebih cepat dan akurat dalam mengirimkan pesan dibandingkan teknologi analog dan cara-cara sebelumnya.

3 Cakupan Luas

Jaringan internet yang mendunia membuat jangkauan pemasaran bisa sedemikian luas. Di mana pun internet ada, di situlah target pemasaran dapat disasar. Proses berbagi informasi pun bisa dilakukan secara viral dan masif

4. Efektif

Dengan teknologi saat ini, kita bisa memilih pangsa pasar yang sesuai dengan produk kita. Kita bisa mengetahui kegemaran dan preferensi seseorang dari apa yang sering dicari dan dikunjunginya di internet.

5. Efisien

Kecepatan dan cakupan yang luas membuat kinerja pemasaran melalui internet ini menjadi efisien. Bandingkan dengan mengutus banyak orang sebagai sales untuk mendatangi rumah-rumah dan mempromosikan sambil membawa produk ke sana ke mari.

6. Murah

Efektivitas dan efisiensi yang disediakan internet dalam dunia pemasaran mampu menekan biaya menjadi sangat murah. Dengan biaya puluhan ribu rupiah saja misalnya, sebuah produk dapat dikenal oleh ribuan pengguna internet.

Bahkan, investasi dari sisi konten pun bisa tidak mengalami masa kadaluarsa. Justru menjadi makin produktif seiring bertambahnya waktu karena telah menempati posisi yang bagus di mesin pencari dan menarik pengguna internet untuk menyimaknya.

7. Leluasa

Pemasaran melalui internet memberikan ruang dan waktu yang longgar bagi calon pelanggan untuk mengenal produk kita. Mereka tidak perlu dicegat di tengah perjalanan untuk menerima brosur, diganggu jam tidurnya oleh sales yang datang ke rumah, atau diharuskan menanggapi telepon dari telemarketer saat itu juga. Calon pelanggan dapat memahami produk yang ditawarkan di saat memang ia meluangkan waktunya untuk itu ketika menggunakan internet.

8. Intensif

Ya, karena keleluasaan waktu yang disediakan, pemasaran melalui internet memberikan tingkat intensitas yang tinggi dari calon pelanggan untuk dapat mencurahkan seluruh perhatiannya terhadap produk kita saat di depan layar.

9. Edukatif

Media internet memungkinkan pengguna merasa dekat dan akrab dengan produk dalam berbagai sisi dengan berbagai informasi yang dapat disalurkan melalui multimedia. Tulisan, gambar, suara dan komponen lainnya dapat diramu dengan cara yang sangat variatif menjadi sebuah bacaan, tontonan, permainan dll.

Tidak hanya untuk memperkenalkan produk, namun kita juga dapat menambah wawasan atau tips bagi pelanggan terkait  hal-hal yang berhubungan dengan produk kita.

10. Interaktif

Internet adalah sebuah media horizontal di mana posisi produsen dan konsumen sejajar dan dapat berkomunikasi dua arah. Dengan media internet, produsen dapat menjaga hubungan baik dengan pembeli aktual serta mengembangkan cakupan ke pembeli potensial lainnya.

11. Responsif

Pelanggan dapat menunjukkan minat mereka terhadap produk atau bagian dari konten misalnya dengan memencet tombol Suka, berkomentar dan berbagi. Pemasar pun dapat memberikan tanggapan balik terhadap pendapat, keluhan atau saran pelanggan.

12. Kendali Informasi

Ya, internet memungkinkan kita memiliki kantor resmi di dunia maya. Yang secara luas dapat menjadi media penerangan bagi pengguna internet untuk langsung mendapatkan informasi akurat tentang produk kita, meresponnya dan mendapatkan tanggapan dari produsen di tengah arus informasi yang simpang siur dari berbagai pihak.

13. Mudah

Tentu saja inilah tujuan diciptakannya sebuah teknologi, yaitu untuk mempermudah kinerja manusia dalam memenuhi kebutuhannya. Dengan teknologi digital, penggunanya dapat memperoleh informasi tentang produk kita saat di depan komputer maupun di tengah perjalanan. Segala bentuk interaksi dan transaksi pun menjadi lebih mudah dengan hadirnya teknologi ini.

14. Lebih Terukur

Pemasaran digital memiliki banyak peralatan untuk mengukur seberapa besar efektivitas dan keberhasilan dari sebuah strategi pemasaran. Hasil ukurnya pun terintegrasi dengan sistem dan dapat diolah sesuai kebutuhan untuk menentukan langkah kebijakan selanjutnya.

Nah, itulah mengapa pemasaran digital kini menjadi semacam keniscayaan bagi siapa pun yang ingin dikenal dan dekat dengan banyaknya pengguna internet di dunia maya. Tidak hanya para produsen sebuah produk, namun juga pemilik toko online, reseller, dropshipper, para pelaku start up, publisher, bahkan selebritis, bloger, vloger dll pun perlu melakukan aktivitas pemasaran digital untuk bisa tetap bertahan dan tumbuh.

Sebagai salah satu pengguna internet, secara alami aku pun pernah melakukan pemasaran digital. Baik ketika masih mengelola toko online dulu, maupun ketika menjalani hobiku menulis blog saat ini. Tentu saja, teknik pemasaranku masih sangat lugu karena keterbatasan pengetahuan dan pengalamanku di bidang pemasaran digital.

Pemasaran Digital untuk Toko Online-ku

14107830_10209309881617625_9158405375809712090_o
Label batik anak milikku (Sumber: dokumen pribadi)

Dulu, aku memiliki sebuah toko online yang berjalan di tahun 2008-2012 dengan produk andalan berupa batik anak hasil produksi sendiri. Toko ini beralamat di Multiply, sebuah platform unik yang memadukan antara blog dan media sosial. Seiring perkembangan, penggunanya mulai marak memanfaatkan fasilitas albumnya untuk memajang foto dagangan. Aku adalah salah satunya. Sayang, saat ini Multiply sudah tidak aktif lagi.

3

Dalam memasarkan produk batik anakku, secara tidak sengaja aku sudah menjalani beberapa hal berikut ini:

1. Copywriting

Copywriting adalah kegiatan menulis teks yang digunakan untuk memasarkan produk, jasa, tokoh atau ide dan mempengaruhi pembaca agar melakukan sesuatu sesuai maksud penulis.

Kegiatan ini biasanya aku tuangkan melalui fasilitas blog yang disediakan Multiply. Prinsip-prinsip yang sekarang dikenal dengan buyer persona dan AIDA (Attention, Interest, Desire, Action) aku terapkan juga dalam blogku.

Memang ini adalah cara yang sangat efektif untuk memberikan informasi seluas-luasnya tentang produk kita dan mendongkrak penjualan. Tidak melulu beriklan, tulisan juga bisa berupa wawasan umum terkait batik, ukuran pakaian anak atau tips dan trik yang berkaitan.

2. Landing Page

banner
Tampilan depan akunku (Sumber: dokumen pribadi)

Landing Page adalah halaman situs yang pertama kali dikunjungi oleh pelanggan.

Untuk mendesain tema akun Multiply-ku ini, aku secara khusus menggunakan jasa profesional. Dan walau sudah bertahun-tahun tokoku tutup, namun desainnya ini masih sangat menarik bagiku dan mengundang ingin memasukinya.

3. Interaksi

Ya, aku berusaha memelihara hubungan baik dengan para pengunjung. Membalas komentarnya, membuat status singkat dengan fasilitas Quick Note tentang apa saja, meminta pendapat melalui polling, dan bahkan mengunjungi akun-akun mereka untuk membaca dan meninggalkan komentar di sana.

4. Testimonial

Aku menyediakan satu album khusus untuk di mana para pembeli dapat menuliskan testimonialnya setelah mendapatkan produkku. Dengan begini, para calon pelanggan tidak perlu ragu lagi dengan kualitas barang serta pelayanan yang aku tawarkan.

5. Kuis dan Lomba

Bisa dibilang, ini termasuk kegiatan yang sangat aktif aku lakukan setelah menulis blog dan berinteraksi dengan para pengunjung. Cukup sering aku mengadakan kuis maupun lomba. Setidaknya sebulan sekali untuk event yang cukup besar bagi ukuran toko online pribadi sepertiku. Ada kuis tebak-tebakan, lomba foto, lomba cerita, lomba desain dll. Memang ini adalah daya tarik yang sangat kuat untuk mengundang banyak pengunjung.

Syukurlah, dengan cara pemasaran yang sederhana semacam itu, aku mulai mendapatkan pelanggan pertamaku di usia sebulan dan bisnisku berkembang cukup pesat secara organik. Setahun kemudian, aku telah memiliki 10 reseller. Di tahun kedua, aku sudah mengalami balik modal dan modal kerja yang ada berputar sendiri untuk memberikanku keuntungan 2x lipat setiap tahunnya. Sayangnya, karena kesibukan yang lain, akhirnya aku harus menutup tokoku.

Di masa kini, tentu saja ada banyak hal lagi yang bisa dilakukan oleh sebuah toko untuk memasarkan produknya di dunia internet selain hal-hal di atas. Membuat situs resmi, menjalankan SEO (Search Engine Optimitization), memiliki akun resmi di berbagai media sosial, menerapkan SMO (Social Media Optimization), memasang iklan berbayar atau pun menggunakan jasa profesional yang khusus bergerak di bidang pemasaran digital.

Pemasaran Digital untuk Blogku

Nah, kalau sekarang, aktivitasku adalah menulis blog. Lucunya, blog ini aku khususkan untuk memuat artikel yang aku ikutsertakan dalam berbagai lomba blog. Jadi, sebenarnya aku adalah bagian dari pemasaran digital bagi para penyelenggara lomba.

Dan memang sebenarnya menggandeng para penulis blog dalam pemasaran digital adalah sebuah tindakan bijak, karena beberapa alasan berikut:

4

1. Target Pasar yang Sama

Biasanya, penulis blog hanya mau menulis artikel yang sesuai dengan target pasarnya. Jadi, jika seorang penulis blog bersedia menulis untuk suatu produk, bisa dipastikan bahwa keduanya memiliki target pasar yang sama. Sehingga bisa memberikan keuntungan secara timbal-balik. Produk mendapatkan lahan pemasaran, penulis blog mendapatkan bahan artikel untuk pembacanya.

2. Penjelasan yang Bagus

Penulis blog akan membantu pihak pemasaran menyediakan konten tulisan yang bagus, menggunakan teknik penguraian yang lebih akrab dengan pembacanya. Sehingga kesempatan pembaca untuk memahami dan tertarik pada suatu produk akan lebih besar.

3. Testimonial Asli

Dengan memperkenalkan secara langsung atau mengajak para penulis blog mencari tahu tentang suatu produk, dapat membangkitkan minat Sang Penulis terhadap produk tersebut dan akan secara jujur mengungkapkannya dalam tulisan.

4. Masukan Berharga

Biasanya, penulis blog akan berusaha membahas suatu produk secara lengkap. Baik itu kelebihan maupun kekurangannya. Produsen bisa saja menyebar angket, mengadakan polling atau merangkum seberapa banyak tombol Suka dan Bagi diklik pengunjung untuk mengetahui respon pasarnya. Namun masukan yang berharga dengan cara penyampaian yang elegan? Tak banyak yang bisa melakukannya. Itulah gaya khas penulis blog yang patut diperhatikan.

Dan ternyata, sebagai penulis blog sendiri juga perlu menggencarkan pemasaran digital. Inilah beberapa hal yang bisa dilakukan penulis blog untuk memasarkan konten blognya:

5

Tidak semua teknik pemasaran di atas telah aku terapkan dengan optimal. Memang masih perlu banyak belajar dan mengatur waktu, nih. Dan sepertinya butuh alokasi dana juga jika benar-benar mau serius. Hehehe… Karena itu adalah beberapa kendala yang aku rasakan sepanjang pengalamanku menjalankan pemasaran melalui internet baik untuk toko maupun blog. Pengetahuan, waktu dan perlengkapan yang kurang.

Sehingga, bagi siapa pun yang bermaksud totalitas memanfaatkan teknologi digital sebagai bagian dari strategi pemasarannya, ada baiknya menggunakan jasa pihak ketiga untuk menjalankan promosi secara digital.

Karena begini, mengurus toko pribadi yang baru memiliki belasan reseller saja aku sudah kewalahan. Karena itu kegiatan promosi hanya menggunakan sisa-sisa waktuku. Tentu ini sebenarnya kurang efektif ya, di dunia bisnis. Apalagi untuk jenis usaha yang lebih besar daripada tokoku.

Merumuskan strategi pemasaran tentu membutuhkan waktu dan tenaga tersendiri. Kita kadang tidak bisa begitu saja mencontoh cara orang lain berpromosi. Karena setiap perusahaan memiliki karakteristik yang berbeda. Setelah merumuskannya pun, menjalankan rutinitas teknis dan operasional juga membutuhkan perhatian dan sumber daya tersendiri. Karena itulah, mendelegasikan tugas pemasaran kepada pihak ketiga akan sangat membantu.

ABAH Digital Marketing Specialist Solusinya

Di sini, aku baru mengenal tentang sebuah agensi Digital Marketing Jakarta yaitu ABAH yang menyediakan jasa kampanye berkualitas dan terpercaya. Berdiri sejak 22 Januari 2014 dan berlokasi di wilayah Depok, Jawa Barat. Saat ini timnya terdiri dari 8 orang dengan keahlian: writer, blogger, marketing executive, designer dan seo specialist. ABAH menawarkan berbagai layanan yang dapat disesuaikan dengan bisnis Anda untuk mendatangkan banyak pengunjung yang selanjutnya akan meningkatkan penjualan/konversi. Inilah beberapa alasan mengapa Anda perlu memilih ABAH sebagai mitra:

6

Bahkan, guna melengkapi strategi pemasaran digital Anda, ABAH juga mampu merancang dan mengadakan offline event dengan melibatkan blogger dan atau online influencer yang sangat jitu untuk memperkenalkan dan mendekatkan produk Anda kepada pelanggan. Bagaimana pun, bertemu dan berinteraksi langsung lebih berkesan dibandingkan saat dibatasi layar gawai.

Wah, sebuah paket layanan yang menjanjikan, ya. Bagaimana dengan pengalamanmu dalam memasarkan produk, jasa maupun konten? Silakan tinggalkan komentar ya, untuk berbagi cerita. terimakasih sebelumnya ^_^

Advertisements

20 thoughts on “Cerita Marketing Digitalku, Dulu dan Kini

  1. Kalau saya promosinya paling mudah pakai fanspage facebook. Saya pasang banner besar besar berukuran 13×5 cm di background halamanya. Jadi begitu ada orang yang melihatnya, maka yang pertama kali di lihat adalah banner yang berisi nomor kontak saya seperti WA dan BBM, dan ampuh juga karena dagangan saya laris berkat fanspage ini.

    Btw jangan lupa kunjungan baliknya ya di link ini hhttp://www.amir-silangit.com/2017/02/aktivitas-digital-marketing-yang-saya.html terimakasih sebelumnya 🙂

    Liked by 1 person

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s