WTC eMall Surabaya Tempat Nongkrong Asyik Buat Komunitas

Gedung World Trade Center Surabaya, atau yang biasa disingkat dengan WTC Surabaya merupakan bagian cukup akrab dalam kehidupanku. Bicara tentang kenangan bersama gedung WTC Surabaya artinya bicara tentang masa remajaku. (Iya, sekarang aku sudah tidak remaja lagi.) Bukan, bukan karena aku sering membeli telepon genggam dan sejenisnya yang memang menjadi produk utama yang mendominasi dijual di sana. Toh, aku mengenal gedung ini sebelum aku mengenal telepon genggam, kok. Hehehe… 

Aku mulai sering melintas (hanya melintas!) di depan gedung ini ketika berumur belasan tahun, karena lokasinya dekat dengan sekolahku. Aku sering melewatinya untuk kemudian menuju Surabaya Plaza (dulu namanya Delta Plaza) yang terletak di depan gedung ini. Sekadar untuk melepas penat sambil mengisi waktu dengan mengudap atau mencari barang-barang lucu. Karena setelah itu aku harus kembali ke sekolah mengikuti kegiatan ekstrakulikuler atau pun bimbingan belajar.

Ya, aku memang saat itu tidak terlalu tertarik memasuki gedung ini karena tahu bahwa di dalamnya kebanyakan berisi toko-toko penjual gawai dan benda-benda elektronik lain yang tidak terlalu aku butuhkan saat itu. Di masa itu, telepon genggam belum seluas sekarang penggunaannya. Pemiliknya hanya segelintir orang-orang berduit dan memiliki mobilitas tinggi. Dengan produk yang masih setebal batu bata dan berantena. Hahaha…

Walaupun begitu, ada satu magnet dahsyat dari WTC Surabaya ini yang dapat membuatku ingin datang lagi dan lagi serta menghabiskan sebanyak mungkin waktu di sana. Yaitu ketika ada acara pameran perusahaan lokal. Biasanya berlokasi di ballroom lantai 1 gedung bagian selatan. Senang sekali melihat aneka produk kreatif, cantik, unik dan fungsional yang dijajakan di sana.

Masa remajaku menjadi begitu berarti dengan adanya pameran ini. Memberiku energi untuk berkreasi dengan penuh percaya diri di tengah pasar dunia. Dan gedung selatan WTC Surabaya pun menjadi lebih berkesan bagiku daripada gedung utamanya.

WTC Surabaya, Dari Masa Ke Masa

Dari segi nama, memang World Trade Center berarti Pusat Perdagangan Dunia. Biasanya, gedung WTC terletak di kota-kota besar dengan arus perdagangan internasional yang cukup signifikan. Di Indonesia, gedung WTC ini terletak di Jakarta dan Surabaya. Tepatnya, di Jalan Pemuda No. 27-31 untuk gedung WTC Surabaya.

Awalnya, WTC Surabaya memang disewakan untuk perusahaan ekspor-impor, sebagaimana definisinya. Namun, selama bertahun-tahun, rupanya gedung itu masih saja sepi. Baik dari sisi perusahaan yang membuka kantor di sana, maupun pengunjungnya.

Di tahun 1990-an, bagian yang masih kosong itu mulai disewakan kepada toko penyedia gawai. Rupanya hal ini cukup membuat WTC lebih semarak. Jumlah toko gawai semakin bertambah di sana. Hingga akhirnya memenuhi 6 lantai di gedung WTC ini. Maka, jadilah WTC Surabaya menjelma sebagai pusat perdagangan telepon genggam dan aneka produk Teknologi Informasi.

Atmosfir ini sangat kental aku rasakan ketika terakhir aku ke sana bersama Suami sambil menggendong anak di tahun 2000-an. Saat itu, Suami hendak membeli telepon genggam untuk memenuhi kebutuhannya berkomunikasi.

Selain menjual gawai dan aneka aksesorinya, di sini juga terdapat pusat servis dan informasi produk telepon genggam terkemuka serta kantor perwakilan operator telepon seluler. Juga terdapat minimarket serta area tempat makan yang dilengkapi dengan fasilitas wi-fi. Benar-benar menjadi one stop shopping area di dunia gawai dan begitu memanjakan pengunjungnya.

WTC eMall, Memenuhi Kebutuhan Gawai dan Gaya Hidup

Perhatian pengelola gedung WTC Surabaya terhadap kenyamanan pelanggan ternyata tidak berhenti sampai di situ. Memang, keluhan yang sering muncul tentang gedung WTC Surabaya ini adalah area tempat makannya yang terbatas. Sehingga pengunjung kadang harus keluar gedung untuk mengisi perut.

Namun, sejak awal tahun 2016 lalu, WTC telah menginvestasikan dana sejumlah 100 milyar untuk melakukan perombakan pada gedung bagian selatannya. Iya, gedungku yang tercinta itu. Selain untuk menambah kapasitas ruang bagi perdagangan gawai yang terus bertambah. WTC juga dikembangkan dalam bentuk eMall untuk mengusung pemenuhan kebutuhan gaya hidup dan komunitas. Jadi, WTC eMall tempat nongkrong asyik buat komunitas dengan jam buka yang lebih malam, bukan lagi sekadar pusat perdagangan.

Sebagai perbandingan, coba perhatikan perbedaan kondisi gedung selatan WTC Surabaya dalam foto yang diambil oleh Google Sreet View pada September 2015 lalu dengan rancangan WTC eMall dalam wajah barunya di bawah ini.

1

Hiya… Jadi berubah total ya? Tenang, simpan dulu rasa takjubmu. Tumpahkan saja nanti dengan cara mengunjunginya. Karena area baru yang lebih nyaman di WTC Surabaya ini bukan lagi sekadar rancangan namun sudah mulai beroperasi! Tampak banyak komunitas anak muda yang berkumpul di depannya. Sepertinya, banyak juga yang penasaran dengan WTC Surabaya yang baru ini. Seperti apa sih, sebenarnya?

Gedung yang tadinya setinggi 3 lantai telah ditambah menjadi 6 lantai. Karena gedung yang semakin tinggi, maka gedung parkir pun dibangun menjadi 5 lantai untuk sepeda motor dan mobil dengan kapasitas lebih dari 500 unit mobil. Jika ditambah dengan yang lama, maka bisa memuat lebih dari 1.000 unit mobil

Di tiap lantai gedung ini terdapat area untuk pameran. Lantai 4 diisi oleh cabang perbankan. Saat ini, sudah ada  BRI, BNI dan Mandiri yang membuka kantor kas di sana, dengan ATM yang tersebar di seluruh lantai. Lantai 5 merupakan pusat perbelanjaan aksesori telepon genggam. Sedangkan lantai 6 untuk pujasera, musala dan ruang menyusui.

Bentuk perwujudan dari konsep “Pusat Perbelanjaan dan Gaya Hidup Komunitas” pada WTC Surabaya ini memang terletak di lantai 6 sebagai rajanya. Menapaki lantai ini benar-benar membuat terpana. Sungguh, suasana di dalamnya lebih syahdu dibanding gambar rancangan di atas. Dengan sekeliling gedung dan atapnya yang berupa kaca, membuat titik-titik hujan yang masih tersisa di luar sana menularkan kesegarannya. Walaupun penuh diliputi kaca, tidak perlu kawatir akan kepanasan karena AC yang bersih dan nyaman langsung menyapa kulit kita. Sejauh mata memandang, terasa begitu terhibur menikmati ruangan yang luas dan tertata rapi.

Walaupun di lantai lain juga terdapat aneka restoran, namun area pujasera di lantai 6 ini layak untuk dijajaki. Namanya Food Galeria. Dikemas dengan gaya interior rustik modern. Sebuah pilihan yang pas di masa kini. Sederhana, minimalis, alami dan unik. Membuatnya memiliki banyak titik yang cantik untuk dibidik.

Rupanya, memang area ini sengaja dirancang untuk membidik kawula muda yang aktif menggunakan media sosial. Bahkan hingga jenis meja yang dipilih tidak memantulkan cahaya. Sehingga hasil memotret makanan akan tetap bening dan cantik untuk diunggah.

Yang unik dari Food Galeria ini adalah nama-nama kiosnya yang langsung mewakili nama jenis makanan, tanpa merek tertentu. Walaupun ada juga kios makanan bermerek terkenal di sana. Selain itu, aku senang sekali karena ternyata pujasera ini mengadopsi konsep mandiri dalam merapikan meja setelah makan. Disediakan rak untuk piring dan gelas kotor di sana sehingga pengunjung dapat membereskan bekas makanannya sendiri sebelum meninggalkan tempat. Sip!

Bukan sekadar tempat makan, lantai ini juga dilengkapi dengan area pertemuan bagi komunitas. Tidak perlu melakukan pemesanan tempat terlebih dulu. Hubungi teman-temanmu, tetapkan waktunya, datang ke Food Galeria, pesan makanan dan minuman lalu… Hup! Nongkrong asyik bareng-bareng di tempat yang tersedia. Ruang pojok komunitas ini sepertinya akan sangat cocok digunakan untuk berbagai jenis pelatihan.

Fasilitas musala dan ruang menyusuinya juga tak kalah menggembirakan. Musala yang luas dan bersih dengan tempat wudlu yang terpisah antara laki-laki dan perempuan. Serta ruang menyusui yang menunjukkan kepedulian pengelola WTC Surabaya akan pentingnya ASI dan kenyamanan ibu serta bayi. Salut!

Untuk lebih jelasnya, silakan simak video berikut ini sebagai gambaran tipis tentang kenyamanan yang dijanjikan oleh WTC eMall Surabaya.

Nah, menyenangkan, ya? Menuju grand launching-nya pada 18 Februari 2017 nanti, WTC eMall telah mengadakan setumpuk acara dan promo menarik. Misalnya dengan menyediakan carnival games dan photo booth yang lucu-lucu di lantai 4.

img-20170206-wa0006
Carnival Games
img-20170206-wa0007
Photo Booth

Dulu, lantai terbawah dari gedung selatan WTC Surabaya ini telah menyuntikkan energi positif bagiku dalam berkarya. Kini, gedung ini menyediakan aura yang sama di lantai teratasnya. Tinggal peranmu yang menunggu di sini. Bagaimana engkau memanfaatkannya bersama komunitasmu? Kami tunggu karya besar kalian!

“Tulisan ini diikutsertakan dalam BLOG COMPETITION WTC eMall”

Advertisements

4 thoughts on “WTC eMall Surabaya Tempat Nongkrong Asyik Buat Komunitas

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s