Cilet Coklat, Mencicipi Pesona Cokelat Aceh

block_1

Selama ini, mungkin kita lebih mengenal Aceh dengan komoditas kopinya yang khas. Namun, tahukah Anda bahwa Provinsi Aceh juga merupakan penghasil tumbuhan kakao yang cukup besar? Bagi masyarakat Aceh, kakao sudah sangat familiar karena merupakan salah satu komoditas ekspor unggulan dari Provinsi Aceh. Daerah yang menjadi sentra produksi kakao di Aceh adalah Kabupaten Pidie, Pidie Jaya, Bireuen, Aceh Utara, Aceh Timur dan Aceh Tenggara.

Senangnya hatiku saat membaca artikel tentang seorang pemuda bernama Didi Nuriel yang berusaha mengangkat pamor komoditas kakao Aceh ini. Didi Nuriel merintis usaha dengan membuka sebuah kafe unik berlabel Cilet Coklat yang menyediakan aneka sajian dari cokelat. Kata ‘cilet’ diambil dari Bahasa Aceh yang berarti ‘cicip,’ sebuah aktivitas yang sulit dihindari jika kita bertemu cokelat.

block_2

Dari hari ke hari, Didi terus berusaha meningkatkan penggunaan bahan dasar cokelat hasil produksi lokal, yaitu cokelat bermerek Socolatte yang diproduksi di Pidie Jaya. Socolatte disebut coklat sehat karena tidak mengandung kolesterol, pengawet, penguat rasa maupun pewarna buatan. Jadi, bahan dasarnya sudah Aceh banget dan berkualitas tinggi, nih.

Selain untuk mengenalkan mutu kakao Aceh ke seluruh dunia, Didi juga bermaksud membangun bisnis guna mensejahterakan anak negeri. Beliau melibatkan ibu-ibu daerah yang piawai mengolah cokelat dan merangkul para anak muda untuk berkreasi dengan bahan dasar cokelat. Hasilnya? Membuat ternganga dan menerbitkan air liur!

block_3

Bersiap-siaplah tersesat saat memasuki gerai Cilet Coklat yang lokasinya sangat strategis di pojokan Simpang BPKP. Sekadar memandang foto-fotonya di dunia maya saja sudah mampu membuatku terlena dan ingin terbang ke sana. Bagian depan dari kedai berukuran 3,5 x 15 meter itu laksana istana cokelat yang memajang aneka pernik dari cokelat. 

Perabotan yang digunakan dalam kedai ini berbahan kayu seumawe dengan warna natural. Terdapat 2 meja dengan 10 kursi untuk menikmati aneka menu makanan olahan cokelat seperti brownies, cupcake, donat, puding dll. Tak hanya berupa makanan, menu minuman yang tersedia juga spesial. Ada yang murni berbahan cokelat dan disajikan dalam keadaan panas maupun dingin. Ada pula yang dikombinasikan dengan citarasa lain seperti arbei, vanila, kopi dan alpukat. Semuanya dijual dengan harga terjangkau. Kita juga bisa membeli bubuk cokelat di Cilet Coklat, lho. Sehingga kita bisa menikmatinya di rumah dan cocok sebagai oleh-oleh bagi sanak kerabat tercinta. 

block_5

Selain untuk dinikmati di tempat, di Cilet Coklat juga tersedia aneka produk yang dapat dibeli dan dibawa pulang selain cokelat bubuk. Berbagai bentuk cokelat tertata rapi di rak-rak atau di atas meja pajangan yang rendah. Memudahkan pengunjung untuk menikmati pemandangan cantik yang dihadirkan. Ada yang dikemas dalam bentuk hiasan atau pun ditempatkan dalam wadah-wadah unik. Toples kaca, kaleng mini, keranjang bambu, ember warna-warni bahkan dalam dompet serta kotak pensil. Duh, menggemaskan sekali, ya? Yang tak kalah memikat pandangan adalah aksen ornamen berupa pohon kering bercabang yang dicat putih dengan hiasan lampu-lampu kecil nan manis.

block_6

Bicara tentang oleh-oleh, Cilet Coklat benar-benar siap menyajikan pesona Aceh dalam produk-produknya. Lihat saja bagaimana kedai ini memberikan sentuhan tradisional khas Aceh pada kemasannya. Dan yang paling membuatku penasaran adalah Cokelat Rasa Kopi Arabika. Aduh, ingin sekali aku berkesempatan mencicipinya. Kalau eksotisme Kopi Aceh sih, aku sudah pernah menikmatinya. Namun bagaimana sensasinya jika dipadukan dengan cokelat? Ah, sampai terbayang-bayang aku dibuatnya.

block_8

Kedai ini menawarkan beragam varian cokelat cetak (praline) berbentuk hati, persegi, bola-bola, permen dan lolipop. Juga cokelat tulis yang bisa dipesan pelanggan sesuai kebutuhan Selain itu, Cilet Coklat juga menyediakan cokelat mancur untuk acara jamuan khusus. Kita juga dapat memesan cokelat dalam bentuk buket atau ditata dengan aneka hiasan cantik lainnya sebagai hantaran mau pun cinderamata. Di sini, dijamin kita tidak hanya mendapatkan rasa cokelat yang menggugah selera, namun juga karya seni yang memanjakan mata. Sangat cocok menemani momen-momen berharga dalam hidup kita.

Jika Anda bertempat tinggal di Aceh, sempatkanlah mengunjungi gerai Cilet Coklat ini. Anda juga dapat memesan produk Cilet Coklat untuk keperluan khusus dalam jumlah satuan maupun masal. Eit, produk-produk Cilet Coklat ini tidak hanya bisa dinikmati oleh warga Aceh lho. Sudah banyak pelanggan dari kota bahkan negara lain yang memesan produk Cilet Coklat yang sensasional ini.

Menyelipkan pesan mulia melalui cokelat adalah sebuah tindakan yang cerdas. Ya, siapa yang tak bahagia saat menghayati harum dan lezatnya cokelat yang berputar di sekitar hidung dan lidahnya? Selain karena rasanya yang aduhai, juga akibat kandungan serotonin di dalamnya yang merupakan antidepresan alami. Membuat kehadiran cokelat mampu memperbaiki kondisi hati yang sedang galau. Cokelat Aceh memang mempesona. Bahkan sejak baru berupa sebuah cerita. Anda juga ingin mencicipinya?
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s