Dukung Lombok di 3 Nominasi WHTA 2016 Sekarang!

Tahun 2015 lalu, Lombok berhasil meraih penghargaan sebagai World’s Best Halal Honeymoon  Destination dan World’s Best Halal Tourism Destination dalam acara The World Halal Travel Summit/Exhbition di Abu Dhabi. Hal ini makin memantapkan kematangan Lombok dalam menyajikan pariwisata halal bagi para pengunjungnya. Pariwisata Lombok tidak lagi mengalami masa sepi karena semakin besarnya kesadaran wisatawan domestik maupun mancanegara akan pesona wisata halal di Lombok.

Tahun ini, Lombok berhasil memenangkan 4 kategori di Kompetisi Wisata Halal Nasional 2016, yaitu:

  1. Resort Ramah Wisatawan Muslim Terbaik: Novotel Lombok Resort & Villas, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat.
  2. Kategori Website Travel Ramah Wisatawan Muslim Terbaik: http://www.wonderfullomboksumbawa.com, NTB.
  3. Destinasi Bulan Madu Ramah Wisatawan Muslim Terbaik: Lembah Sembalun, Lombok Timur, NTB.
  4. Kuliner Halal Khas Daerah Terbaik: Ayam Taliwang, Nusa Tenggara Barat.

Keberhasilan ini tak lepas dari visi dan misi Pemerintah Daerah yang sejalan dengan pengembangan pariwisata halal yang bertekad mewujudkan masyarakat NTB yang beriman, berbudaya, berdaya saing dan sejahtera serta dukungan dari warga masyarakat maupun alim ulama’ dalam mendidik masyarakatnya.

Lombok merupakan daerah pertama yang memiliki Perda Wisata Halal. Dalam Perda No. 2 Tahun 2016 tentang Pariwisata Halal, disebutkan bahwa ruang lingkup pengaturan Pariwisata Halal dalam Peraturan Daerah ini meliputi destinasi, pemasaran dan promosi, industri, kelembagaan, pembinaan, pengawasan dan pembiayaan.

Pengelola destinasi pariwisata halal diharuskan membangun fasilitas umum yang mendukung dan memenuhi standar syariah.. Misalnya: menyediakan arah kiblat di kamar hotel, musola untuk pengunjung dan karyawan, perlengkapan ibadah, tempat bersuci dan toilet yang terpisah antara laki-laki dan perempuan, memberikan informasi masjid terdekat  maupun keterangan tentang kehalalan suatu produk. Sekitar 100 hotel di Lombok telah disertifikasi halal. Industri penyedia makanan dan minuman pun wajib memiliki sertifikasi halal.

Untuk pengusaha spa, sauna dan panti pijat wajib menyediakan ruangan terpisah bagi laki-laki dan perempuan. Jenis terapi pikiran dan olah fisik yang ditawarkan pun tidaklah melanggar syariah. Terapis laki-laki melayani tamu laki-laki, demikian sebaliknya. Selain tentu saja menyediakan sarana dan informasi untuk sholat.

Hal ini tentu sangat membantu setiap wisatawan muslim yang datang ke Lombok. Karena tersedianya kemudahan beribadah dan ketersediaan produk barang dan jasa yang halal di tempat wisata. Kekhasan pariwisata halal yang disuguhkan Lombok adalah sensasi kearifan lokal masyarakatnya untuk memperkenalkan nilai-nilai syariah Islam yang memberikan kenyamanan yang terasa baik bagi muslim maupun nonmuslim.

Tahun ini, kembali Lombok berhasil lolos dalam 3 kriteria nominasi di World Halal Tourism Award 2016. Kriteria apa sajakah itu? Ini dia!

World’s Best Halal Tourism Website

lombok

Diduduki oleh situs http://www.wonderfullomboksumbawa.com. Situs dengan halaman beranda yang dipenuhi aneka foto destinasi wisata di Lombok dalam warna-warna yang indah, sangat atraktif dan memanjakan mata. Jika kita arahkan tetikus ke salah satu fotonya, akan muncul link untuk mengeksplorasi destinasi tersebut lebih jauh. pada bagian Menu, disediakan aneka pilihan tujuan wisata, informasi transportasi, hotel, atraksi dan berita terkait dengan pariwisata Lombok Sumbawa.

Sempatkan untuk membuka tautan video yang disematkan di sisi kanan bawah website, dan Anda akan sangat terbuai oleh alunan grafis yang disajikan video ini dengan sangat cantik menggambarkan keindahan alam Lombok Sumbawa.

Menelusuri lebih jauh situs ini, kita bisa memilih menu Tujuan untuk memilih destinasi wisata. Daerah wisata dibagi menjadi 2, yaitu Pulau Lombok dan Pulau Sumbawa. Setiap pulau dibagi menjadi 3 area, yaitu: Barat, Tengah dan Timur. Arahkan tetikus Anda ke salah satu pilihan area,  maka muncullah berbagai destinasi wisata yang tersedia di area tersebut. Menu yang interaktif dengan hiasan foto nan memikat.

Pada menu Hotel, Anda diberikan pilihan menu Suitcase dan Backpack yang menggambarkan tarif kamar. Wow! Sangat kreatif dan membantu sekali ya. Sedangkan menu Transport menyediakan fasilitas pemesanan tiket pesawat domestik. Dan menu Atraksi menyajikan aneka pilihan Kuliner, Keagamaan, Belanja, Event, Nightlife serta Olahraga & Rekreasi.

World’s Best Halal Beach Resort

Novotel Lombok Resort & Villas berhasil lolos sebagai salah satu nominator dalam kriteria ini. Sebuah kriteria yang layak dimenangkan mengingat sebelumnya, di tingkat nasional, Novotel Lombok Resort & Villas telah meraih predikat excellent dari supervisor nasional di 2015.

Novotel Lombok Resort & Villas merupakan akomodasi berbintang empat yang paling dekat jaraknya dari Bandara Internasional Lombok, yaitu 19 km. Dalam waktu 20 menit perjalanan, Anda telah sampai di lokasi yang termasuk wilayah Pantai Putri Nyale, Pujut, Lombok Tengah ini. Resor ini dikelilingi taman tropis dan menghadap teluk berwarna biru laut dan pasir putih. Bangunannya menampilkan arsitektur tradisional dengan struktur dan gaya Sasak pada atapnya. Etalase luarnya bahkan menggunakan ilalang sebagai atap rumah.

Pelayanan Novotel Lombok Resort & Villas mengacu pada standar internasional. Sebagaimana namanya, resor ini menyediakan pilihan akomodasi berupa kamar maupun vila bagi pelanggan. Kamar-kamarnya dihias dengan kain lokal dan perabotan modern.

Menjadi bagian dari pariwisata halal di Lombok, Novotel Lombok Resort & Villas menyajikan tatanan kamar hotel Islami dengan menyediakan Alquran, sajadah serta penunjuk arah kiblat di dalam kamar.

Resor ini memiliki memiliki kolam laguna alami, empat kolam renang indah dan pantai pribadi. Fasilitas berupa kursi berjemur dan payung pantai tersedia di sini.

Novotel Lombok Resort & Villas memiliki dua restoran yang menghadap ke laut, yaitu: Spice Market Restaurant dan Fun @ Cool family Pub. Sedangkan minuman dan makanan ringan tersedia di Breeze Bar. Semua menu dijamin halal.

Spice Market Restaurant menyajikan sarapan dan makan malam prasmanan setiap hari. Restoran mewah ini memberi porsi makanan yang cukup besar. Hidangan pesta atau permintaan khusus untuk makan malam pribadi dilayani di sini.

Fun @ Cool Family Pub selain menyediakan aneka hidangan lezat juga menjadi wahana bagi keluarga untuk bermain.  Di sini tersedia alat permainan seperti bilyar, sepak bola meja, tenis meja dan dart untuk menambah keceriaan momen bersama.

Selain semua yang telah disebutkan di atas, Novotel Lombok Resort & Villas menyediakan berbagai fasilitas berkelas dunia penunjang kenyamanan seperti spa, griya pijat, pusat kebugaran, ruang yoga, perpustakaan, tempat bermain anak, penitipan anak dan toko cinderamata yang berisi aneka kerajinan tangan lokal.

Resor ini menyediakan berbagai program dari pagi sampai malam untuk memanjakan tamu. Kunjungan pantai, paket pijat mini dan wisata budaya sehari dapat diatur tanpa dikenakan biaya. Dimana pun Anda berada, pelayan yang ramah hadir dalam balutan pakaian tradisional siap untuk membantu Anda.

Apa yang bisa dinikmati di sekitar resor ini? Tentu saja sangat banyak pilihannya. Selain itu, Novotel Lombok Resort & Villas telah menyiapkan pantai untuk bermain sepakbola dan voli. Juga tersedia lapangan golf 3 km. Ingin berkeliling menikmati pemandangan pantai? Anda bisa menyewa sepeda atau berkuda di sini. Sstt… Memberi makan monyet merupakan sebuah pengalaman unik yang juga bisa Anda coba.

Jika ingin menikmati olahraga air, ada beberapa titik di sekitar Novotel Lombok Resort & Villas yang bisa dijadikan pilihan. Rekomendasi pertama adalah Pantai Seger yang jaraknya hanya 0,40 km dari resor. Di pantai bagian Utara ini arus lautnya sangat tenang dan jernih dengan daratan yang begitu landai. Sangat cocok untuk berenang, snorkeling dan bermain kano

Untuk suasana berbeda, terdapat pantai Seger 1 di bagian tengah yang diapit bukit dan sawah-sawah kecil. Pantainya berpasir putih dan di tengah lautnya terdapat tumpukan batu laut hitam yang memiliki jalan setapak dari pinggir pantai. Laut biru dengan ombak yang cukup besar menjadi surga bagi peselancar. Di pinggir pantainya terdapat gazebo-gazebo kecil untuk berteduh.

Pilihan lain adalah bagian selatan yang dikenal sebagai Pantai Seger 2. Bentuk pantainya memanjang. Terdapat Batu Tengkong yang berbentuk seperti jamur. Di sini ombaknya tidak terlalu besar sehingga bisa digunakan untuk berenang bersama anak.

Sekitar bulan Februari atau Maret di musim penghujan, diadakan festival Bau Nyale yang merupakan acara adat untuk menangkap cacing laut di Pantai Seger.

Selain itu, Pantai Kuta Lombok adalah alternatif yang tak kalah cantiknya. Dengan air laut yang jernih, membuat kita bisa melihat pemandangan di bawah laut dari atas permukaan air. Hamparan pasir putih yang sangat indah dan unik dengan butiran yang relatif besar, memberi sensasi berbeda dan terasa nyaman saat berjalan menyusuri pinggir pantai tanpa alas kaki. Di sini kita bisa berenang, berselancar, bermain jet ski, banana boat dan menyelam.

World’s Best Halal Honeymoon Destination

Ini bagian yang paling saya suka dalam artikel ini. Sebagai salah satu nominator dalam kategori World’s Best Halal Honeymoon Destination di WHTA 2016 ini, wilayah Sembalun memang menawarkan sesuatu yang berbeda untuk berbulan madu.

Wilayah ini merupakan sebuah kecamatan yang terdiri dari 6 desa di sebuah lembah Bukit Sembalun, Lombok Timur. Desa-desa ini memiliki ketinggian yang bervariasi antara 800 hingga 1.200 meter di atas permukaan laut. Sembalun adalah pilihan ideal untuk berbulan madu. Karena udaranya yang sangat segar dan bersih, letaknya yang jauh dari keramaian dan biaya penginapan yang murah.

Selain itu, corak budaya mayoritas rakyat Sembalun yang beragama Islam membuat kita mudah sekali menjumpai wanita berhijab di sini dengan berbagai aktivitasnya. Di sepanjang jalan utama Sembalun tersedia banyak masjid dan musola. Beraneka ragam makanan halal yang nikmat serta keramahan warganya memberi Anda banyak pengetahuan dan membuat betah berlama-lama di sini. Bahkan, Sembalun merupakan kawasan yang sangat aman. Para petani biasa memarkirkan sepeda motor dengan kunci yang masih tergantung di motornya tanpa kawatir dicuri.

Berbagai pesona alam dan budaya yang disuguhkan di sini membuat Anda merasa tak perlu lagi mencari pilihan lain sebagai destinasi bulan madu. Ada banyak pilihan aktivitas yang bisa Anda lakukan untuk menikmati masa bulan madu Anda di sini.

Anda ingin berbulan madu sambil mendaki Gunung Rinjani? Wah, tentu menjadi sebuah sensasi tersendiri ya. Desa Sembalun Lawang menjadi favorit sebagai titik awal pendakian karena merupakan jalur terpendek. Menuju desa ini saja sudah disodori pemandangan alam hijau permai berlatar Gunung Rinjani yang gagah. Melewati jalan aspal yang berkelok, hutan, ladang pertanian yang terhampar dan bertingkat-tingkat aneka warna tanaman, bahkan pemandangan laut Gili Trawangan tampak dari kejauhan.

Tiba di Desa Sembalun, Anda akan takjub menyaksikan bagaimana desa ini dipagari kokohnya tebing-tebing batu yang dihiasi lumut dan rerumputan dengan kemiringan nyaris 90 derajat, hasil pembekuan lava Gunung Rinjani ratusan tahun lalu. Dari sini Anda dapat melanjutkan perjalanan menuju puncak Rinjani dan menikmati matahari terbit di atas sana bersama pasangan. Anda juga dapat melewati jalur pos satu Rinjani untuk menikmati keindahan savana Gunung Rinjani.

Jika Rinjani terlalu melelahkan untuk didaki, ada beberapa bukit cantik yang mengelilingi wilayah Sembalun seperti Bukit Pergasingan, Bukit Selong, Bukit Nanggi, Bukit Anak Dara, Bukit Lincak dan Bukit Dandaun yang bisa menjadi alternatif. Anda dapat berkemah berdua sambil melihat warna-warni ladang Sembalun dan menunggu matahari terbenam.

Selain dengan berkemah di puncak bukit, Anda bisa menikmati keindahan Sembalun dari ketinggian menggunakan paralayang. Sebuah sensasi yang tak terlupakan dalam catatan kenangan bulan madu Anda.

Penasaran dengan pesona terpendam lainnya di Sembalun? Ternyata wilayah ini juga memiliki banyak air terjun. Antara lain: air terjun Mangku Sakti, air terjun Mangku Kodek, air terjun Kuda Sembrani, air Terjun Madu, air terjun Umar Maya dan air terjun Mayung Puteq yang terletak di Desa Sajang dan berasal dari satu aliran sungai kokoq Puteq yang hulunya di Danau Segara Anak Gunung Rinjani. Air terjun tersebut sangat unik karena airnya berwarna tosca sebagai akibat dari kandungan belerang di dalamnya.

Aktivitas santai yang bisa Anda lakukan di Sembalun adalah agrowisata. Mengamati bagaimana para warga menggarap ladangnya dengan cara tradisional dan menyaksikan aneka tanaman seperti padi, bawang putih, tomat, cabai dan kubis tumbuh subur dan siap dipanen.

Selain itu, Sembalun memiliki kampung adat Beleq yang merupakan rumah adat tertua di Sembalun. Kampung adat Beleq yang hanya terdiri dari tujuh rumah merupakan bekas tempat tinggal leluhur masyarakat Lembah Sembalun yang hingga kini masih bertahan walaupun sudah tidak dihuni lagi.

Di Sembalun, Anda juga bisa melihat proses pembuatan kain tenun khas Lombok. Sejak pembuatan benang dari kapas, pewarnaan benang, hingga menenun kain atau nyesek dalam bahasa Sasak Lombok.

Anda pun bisa mencicipi berbagai makanan khas masyarakat di sini seperti Kelaq Bateh, Sambal Beberuq dan Kopi Sembalun dengan rasa dan aroma khas yang sudah terkenal di seluruh dunia.

Benar-benar layak kan, Lombok masuk dalam 3 nominasi ini? Karenanya, dukung sekarang Lombok dan berbagai destinasi wisata halal Indonesia lainnya di ajang WHTA 2016 dengan cara klik http://www.voteindonesia.com/, masukkan data Anda dan pilih daftar nominator di bawah ini untuk mendukung Indonesia. Pengambilan suara akan berakhir tanggal 24 November 2016 ini. Jadi, luangkan waktu untuk memberikan dukunganmu sekarang ya!

“Tulisan ini diikutsertakan dalam lomba Blog Promosi Lombok Sumbawa 2016 yang diselenggarakan oleh GenPI Lombok Sumbawa”

Advertisements

2 thoughts on “Dukung Lombok di 3 Nominasi WHTA 2016 Sekarang!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s