#SayaNgeblogKarena: Alah Ngeblog Karena Cinta Mentok

Sumber: http://catatan-clay.blogspot.co.id/
Sumber: http://catatan-clay.blogspot.co.id

Tahukah Anda bahwa pada tanggal 27 Oktober lalu  diperingati Hari Blogger Nasional 2016? Hari Blogger Nasional pertama kali dicanangkan pada 27 Oktober 2007 oleh Menteri Komunikasi dan Informatika RI saat itu, yaitu Bapak Prof. Dr. Ir. KH. Mohammad Nuh, DEA. Rektor saya jaman kuliah nih, makanya saya tulis lengkap titelnya sebagai bentuk penghormatan. Hehehe… Pencanangan itu dilakukan pada pembukaan Pesta Blogger yang merupakan pesta akbar pertemuan para blogger se-Indonesia. Sejak itu, tanggal 27 Oktober diperingati sebagai Hari Blogger Nasional setiap tahunnya.

Kenapa Sih, Saya Ngeblog?

Kalau ditanya alasannya, maka bisa dibilang karena memang hobi. Sejak kecil, saya suka membaca, menulis dan berhitung. Siswa teladan sekali ya, hobinya calistung? Hahaha… Saya suka pelajaran Bahasa Indonesia dan saya suka tugas mengarang. Saya suka menulis puisi dan pernah membuat beberapa cerbung. Kalau ada tugas kelompok untuk memperagakan drama di kelas, maka saya senang sekali menjadi penulis skenarionya. Saya juga menyalurkan hobi saya ini mengelola majalah dinding saat kuliah.

Untuk kegiatan ngeblog sendiri, saya mulai di tahun 2008. Suami memperkenalkan blog pada saya sebagai sarana untuk menulis dan dibaca oleh seantero warga jagad internet. Agar saya bisa mengisi waktu luang dengan kegiatan bermanfaat di tengah kesibukan mengurus 2 balita. Syukur-syukur jika menghasilkan uang.

Pikir punya pikir, kira-kira apa yang akan saya tulis di blog. Akhirnya saya memilih niche yang dekat dengan dunia saya. Blog pertama ini membahas seputar perawatan, kesehatan dan pendidikan anak.

Awalnya blog saya memakai domain gratisan dari WordPress. Setelah melihat konsistensi saya menulis satu artikel tiap hari dan respon positif dari para pengunjung maupun mesin pencari, Suami menawarkan untuk mengubah blog saya ke dalam domain berbayar. Saya sih setuju saja. Jadilah saya memilih blog Top Level Domain (TLD) yang beralamat di www. mommygadget.com dengan tagline “Mommy’s Got to Get” itu. Blog ini pun makin ramai dari hari ke hari. Page viewnya rata-rata 1000 per hari. Saya pun sempat merasakan penghasilan dari blog ini melalui iklan yang dipasang di blog saya.

Masa Hibernasi

Anda sudah mengintip blog saya di atas? Bagaimana? Kosong? Memang. Hehehe… Karena blog itu sudah tidak aktif sejak tahun 2012. Lho kok? Ya, banyak pertimbangan mengapanya. Diawali dari semakin sibuknya saya karena telah memiliki 3 anak. Ditambah dengan mengurus bisnis online yang mendompleng nama blog saya itu juga berjalan cukup lancar. Fokus pun teralih sehingga saya jadi semakin jarang membuat artikel baru di blog.

14107830_10209309881617625_9158405375809712090_o
Label Batik Anak dengan merk MG yang merupakan singkatan dari Mommy Gadget

Hingga ketika kami berpikir untuk mulai lebih serius mengelola homeschooling kami karena Si Sulung akan memasuki usia 7 tahun. Bisnis online pun kami stop agar lebih fokus. Apa kabar blog saya? Karena jarang dirawat, perlahan namun pasti, performanya pun semakin menurun. Apalagi menilik banyak artikel kesehatan di dalamnya yang sudah tidak sejalan dengan perkembangan ilmu kesehatan terbaru, maka kami pun sepakat untuk menghentikan pembayarannya. Sehingga, musnahlah blog itu dari dunia persilatan maya. Hiks.

 Era Kebangkitan

Hahaha… Kayak apaa… gitu ya? Semacam Blog Reborn atau Blog Perjuangan. Hahaha…  Ya, inilah saya. Kembali ngeblog setelah 4 tahun kemudian. Passion is passion. Saya memang cinta mentok dengan aktivitas menulis. Baru Mei lalu saya mulai ngeblog lagi.

Gara-garanya? Saya suka sekali mengikuti aneka lomba. Sebagai ibu rumahtangga yang banyak mengahbiskan waktunya di rumah, maka saya mendapatkan saluran semangat berkompetisi itu dari berbagai media sosial yang setiap harinya bisa kita temui kuis atau lomba baru. Dan akhirnya saya tidak dapat menahan diri mengikuti kompetisi blog yang dilakukan oleh Tabloid Nova dengan tema “Bahagia di Rumah” itu. Temanya aku banget. Sampai akhirnya dibelain bikin blog baru dan mengirimkan 6 artikel yang semuanya kalah Hahaha…

Nggak masalah sih. Momen terpentingnya justru aku kembali mendapatkan chemistry itu. Jadilah aku menetapkan blog ini sebagai blog khusus untuk mengikuti aneka lomba blog. Aku pun mulai berburu serta mendaftar berbagai kompetisi blog yang ada dan berusaha mengikutinya.

14517630_10209745231261094_6433291719949432264_n
Salah satu hadiah sebagai pemenang lomba blog

Lumayan, ternyata ada hasilnya juga lho. Aku mendapatkan kemenangan pertamaku saat usia blog masih 3 bulan. Setelah itu, beberapa hadiah mengikutiku dari hasil ngeblog ini. Sampai aku buat halaman khusus sebagai papan juara yang memuat prestasiku selama ikut lomba blog. Hahaha… sok yes ya? Padahal menang juga baru sesekali. Tapi. not bad lah for beginner yang blognya baru akan berumur 6 bulan ini, kan?

Ya, inilah sekelumit ceritaku tentang dunia blogku. Semoga blog ini berumur panjang dan dapat mengukir banyak prestasi di papan juaranya. Syukur-syukur bisa digarap lebih profesional dengan menjadi domain berbayar dan mendapatkan penghasilan tetap yang aduhai. Aamiin… Jadi, apa cerita blogmu?

4 thoughts on “#SayaNgeblogKarena: Alah Ngeblog Karena Cinta Mentok

  1. Makin rajin nulis dong mba. Apalagi soal homeachooling. Emak2 skrg kan lagi pada banyak mikir homeschooling hehhehe.

    Btw, mba diberkati banget punya suami yang telaten dan mendukung minat bakat mba. Salah satu alasan buat trus nulis ya mba ^^

    Like

Leave a Reply

