Karisma Ratu Mutiara di Indonesia

Mutiara Lampung (Sumber: wisataindonesia.biz)
Mutiara Lampung (Sumber: wisataindonesia.biz)

Di tengah dunia global, mutiara jenis mutiara laut selatan sering dijuluki sebagai Ratu Para Mutiara (Queen Pearls). Mengapa demikian? Bisa jadi karena permata organik nan elok ini memiliki keunikan berikut dibandingkan mutiara jenis lain:

  • dihasilkan oleh kerang dengan bibir berwarna cantik, yaitu emas/perak, yang dikenal sebagai spesies Pinctada Maxima
  • berukuran paling besar, bisa mencapai 22 mm
  • proses budidayanya lebih lama. Sehingga jarang dijumpai di pasaran dan harganya lebih mahal
  • kaya warna dan kilau khasnya yang lembut sangat mempesona dan tahan lama.

Mutiara laut selatan Indonesia atau dikenal dengan nama Indonesian South Sea Pearl (ISSP) adalah salah satu komoditas unggulan pada sektor kelautan dan perikanan Indonesia. Saat ini Indonesia menduduki peringkat ke-9 sebagai pasar mutiara di dunia internasional karens kualitas mutiara Indonesia yang unggul.

Salah satu koleksi Rumah Mutiara Indonesia di NTB (Sumber: kkp.go.id)
Salah satu koleksi Rumah Mutiara Indonesia di NTB (Sumber: kkp.go.id)

Secara umum, bibir kerang di Indonesia lebih berwarna emas dan inilah yang disukai para pembeli. Mutiara Lombok misalnya, memiliki hingga 27 jenis warna mutiara yang bisa dihasilkan. Hal ini merupakan pengaruh dari letak wilayah Nusa Tenggara yang menjadi tempat bertemunya persebaran spesies kerang berbibir emas di Palawan, Filipina hingga ke Kepulauan Nicobar dengan spesies kerang berbibir perak yang terbentang di Papua hingga ke Australia. Sehingga, nyaris seluruh warna bisa ditemukan di mutiara Lombok. Warna unggulan mutiara Lombok adalah warna tembaga, besi keperakan dan emas zamrud yang agak kehijauan. Warna-warna ini tidak didapatkan di tempat lain.

Sentra budidaya kerang penghasil ratunya mutiara Indonesia tersebar di beberapa daerah, seperti: Bali, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Sulawesi Utara, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Tengah, Gorontalo, Maluku, Maluku Utara, Papua Barat, Sumatra Barat, dan Lampung.

Ratu Mutiara di Indonesia memang benar-benar indah. Saksikanlah cuplikan kecantikannya dalam video ini:

Untuk mengembangkan, meningkatkan serta menguatkan citra Indonesian South Sea Pearls (ISSP) dalam kancah pasar internasional, Indonesian Pearl Festival (IPF) diselenggarakan sebagai ajang pameran Mutiara Indonesia tahunan yang telah berjalan sejak tahun 2011. Mari ikut berpartisipasi meramaikannya.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s