Butuh Mobil? Pesan DOcar Aja!

docar sewa mobil solo jogja semarang
DOcar sewa mobil Solo-Jogja-Semarang

Alkisah, salah satu teman Suami yang tinggal di Semarang, karena suatu hal, tidak dapat menyetir kendaraan sendiri. Suami sampai terpikir untuk pindah ke Semarang. Salah satu alasannya, agar bisa mendampingi temannya tersebut jika butuh bepergian menggunakan kendaraan pribadi.

Tapi eh tapi, suatu hari, aku baca informasi tentang DOcar di situs resminya. DOcar adalah sebuah pasar berbasis internet yang menyediakan jasa sewa mobil. Untuk saat ini, ruang lingkup pelayanannya mencakup lokasi di Solo, Jogja dan Semarang.

DOcar (dibaca ‘dokar’) merupakan singkatan dari “DO your activities with CAR.” Lucu juga ya namanya. Jadinya kalau ada yang butuh mobil, disarankan pesan DOcar saja. Lho? Butuhnya mobil kok yang dipesan dokar? Hihihi… Kesan awal yang unik ini justru membuat nama DOcar begitu melekat di otakku. Jadi penasaran ingin tahu seperti apa cara kerja DOcar ini.

Rupanya, DOcar memberikan pelayanan pemesanan jasa sewa mobil melalui aplikasi berbasis Android yang dapat diunduh secara gratis di playstore. Bagus, deh. Jadinya lebih mudah diakses dimana pun melalui genggaman kita. Langsung saja aku unduh aplikasinya di tablet Suami dan mulai utak-atik isinya untuk tahu bentuk pelayanan yang ditawarkan DOcar.

Ternyata DOcar ini sangat sederhana digunakan namun cukup lengkap dan menyeluruh lho, informasi dan layanannya. Cukup dengan 3 langkah mudah: Pilih, Pesan dan Bayar, maka kita pun bisa menikmati beraktivitas sambil berkendara sesuai kebutuhan kita.

Nih, aku jabarkan langkah-langkahnya ya agar lebih jelas. Jadi, begini ceritanya:

  • Pilih

Begitu kita membuka aplikasi DOcar, kita akan berhadapan dengan formulir seperti di bawah ini.

awal

Kita diminta untuk memasukkan pilihan kota tempat kita akan menyewa mobil, lokasi tujuan kita serta tanggal penggunaan mobil. Pilihan standar untuk lokasi tujuan adalah City Tour alias berkeliling kota. Jadi, walaupun kita memasukkan alamat tertentu agar diantarkan ke sana oleh mobil yang kita sewa, namun sebenarnya kita masih bisa menggunakannya lagi untuk ke lokasi yang lain bahkan ke luar kota di selama masih berada dalam durasi penyewaan. Nah, untuk durasi ini ada pilihan minimal 8 jam, 12 jam atau pun seharian penuh.

Dari sisi harga pun kita bisa menyesuaikan dengan fasilitas yang kita inginkan. Apakah harga sewa tanpa menghitung biaya BBM (Bahan Bakar Minyak), sudah termasuk BBM atau tinggal terima bersih saja sudah termasuk seluruh biaya seperti biaya parkir, tol, akomodasi sopir dll.

Jika sudah mengisi dengan benar formulir pertama ini, maka kita bisa melanjutkan untuk mencari ketersediaan mobil dengan menekan tombol Cari Mobil.  Muncullah sebuah animasi logo DOcar yang terdiri dari 2 keping setir mobil berputar-putar dan di tengahnya terdapat mobil dengan lampu depan berkedip-kedip. Cukup menghibur. Hehehe… Tak lama kemudian, layar menampilkan aneka pilihan mobil dari berbagai jasa rental di kota pilihan kita yang bekerjasama dengan DOcar dan siap melayani.

pilih

Setiap mobil yang ada dilengkapi dengan informasi merk, tipe, warna, nomor plat, jenis bahan bakar mobil, harga sewa bahkan rating hasil penilaian dari klien sebelumnya. Wah, asyiknya! Kita jadi bisa mendapatkan harga termurah dari semua pilihan yang ada dan memiliki referensi tentang kepuasan klien sebelumnya terhadap pelayanan. Pilihan jenis mobilnya pun sangat bervariasi. Ada city car, mobil mewah, hingga bus besar.

Di bagian bawah tersedia fasilitas Urutkan agar kita lebih mudah membandingkan pilihan yang tersedia. Juga fasilitas Filter untuk mempersempit pilihan kita agar benar-benar sesuai dengan kebutuhan kita dari sisi anggaran, kapasitas penumpang maupun informasi mobil.

filter

  • Pesan

Jika telah menemukan satu mobil yang ditaksir, kita bisa klik tombol Pesan di bawah informasi mobil yang di maksud. Dari sana kita akan diantarkan pada informasi lebih detil tentang penilaian klien terhadap mobil tersebut berikut ulasannya.

14305195_10209541021915988_6166609920325371974_o

review

Kalau sudah cocok, klik saja tombol Pesan Sekarang. lalu kita akan diminta untuk memasukkan informasi penjemputan. Kita bisa saja memesankan mobil untuk teman dengan cara memasukkan nama, nomor telepon dan lokasi dari teman kita.

jemput

Lalu, kita tinggal memilih pembayarannya. Apakah langsung dilunasi ataukah dengan uang muka mulu. Untuk saat ini metode pembayaran DOcar adalah melalui transfer bank. Namun sedang dikembangkan pilihan metode pembayaran lain untuk lebih mempermudah transaksi.

bayar

Dan, keluarlah tagihan biaya yang harus kita bayar. Sstt… Harga sewanya tanpa biaya administrasi lho. Hanya tambahan kode unik untuk mempermudah pengecekan daftar transfer.

invoice

  • Bayar

Setelah tuntas kita memesan mobil pilihan kita, tinggal langkah terakhir yang perlu kita lakukan, yaitu membayar. Kode verifikasi pesanan akan dikirim ke e-mail kita. Setelah memasukkan kodenya, tagihan pun siap dibayar. Jangan sampai melewati batas waktu transfer ya.

time

Setelah pembayaran, DOcar menjamin mobil sesuai pilihan kita akan menjemput di lokasi dan pada waktu yang ditentukan. Kita bisa melihat posisi mobil sejak 30 menit sebelum penjemputan. Selain itu kita juga mendapatkan informasi tentang sopir yang akan menjemput kita. Dan kita juga bisa mencetak tagihan dari penggunaan jasa DOcar ini untuk keperluan pertanggungjawaban keuangan.

Bagaimana? Mudah, bukan? Benar-benar bisa dipertimbangkan sebagai alternatif solusi berkendara, ya. Untuk sebuah perjalanan berjam-jam bahkan seharian ke banyak lokasi, mending sewa mobil lewat DOcar deh daripada berburu mobil sendiri. Daripada telepon sana-sini, catat harga untuk membandingkan, belum lagi ketersediaan mobil yang harus dikonfirmasi lagi, DOcar jauh lebih praktis dengan harga paling ramah. Bintang 5 deh untuk DOcar.

Hayo, ada yang iri karena DOcar baru ada di Solo, Jogja dan Semarang ya? Jangan kawatir. DOcar sedang mempersiapkan segala perangkat untuk dapat mengembangkan wilayah operasional ke kota-kota lain seperti:

Jakarta, Surabaya, Bandung, Medan, Palembang, Makassar, Malang, Pekanbaru, Tangerang, Balikpapan, Denpasar, Depok, Batam, Banjarmasin, Bekasi, Bogor, Kediri, Ambon, Pontianak, Magelang, Manado, Madiun, Probolinggo, Pasuruan, Banjar, Banda Aceh, Jambi, Samarinda, Lampung, Sukabumi, Padang, Bontang, Prabumulih, Lubuklinggau, Jayapura, Tanjungbalai, Cirebon, Serang, Blitar, Bitung, Bangka, Belitung, Palangkaraya, Palu, Batu, Kendari, Cimahi, Tasikmalaya, Deli Serdang, Siborong-borong, Lhokseumawe, Rengat, Nagan Raya, Tanjungpinang, Jember, Banyuwangi, Kupang, Berau, Tabalong, Banjarbaru, Muara Teweh, Luwuk, Gorontalo, Wangi-wangi, Tomia, Nabire, Biak, Oksibil, Tanah Merah.

Wow, banyaknya! Apakah kotamu juga termasuk? Agar tidak kelewatan, pantau terus kabar perkembangan DOcar di:

Lalu, apa kabar Suamiku? Jadikah kita pindah ke Semarang? Sepertinya Docar sudah cukup untuk membantu temanmu ya? Atau dirimu ingin menikmati layanan DOcar bersama teman? Atau mau menunggu DOcar hadir di sini saja? Apa pun pilihanmu, aku semakin optimis menjalaninya. Karena ada DOcar yang akan mempermudah hari-hari kita. Terimakasih, DOcar!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s