Rayuan Kuliner Pangkal Pinang

Pangkal Pinang adalah ibukota dari provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Letaknya di bagian timur Pulau Bangka. Apa yang pertama terlintas di benak jika kita bicara tentang Pulau Bangka? Kalau saya sih, langsung terbayang lezatnya Mi Bangka dan Martabak Manis Bangka. Kedua makanan ini memang sudah terkenal dan banyak penjualnya tersebar terutama di kota-kota besar Indonesia. Kabarnya, Mi Bangka dan Martabak Bangka yang dijual di tempat asalnya lebih enak lagi lho rasanya. Apa iya? Wah, jadi penasaran ingin mencicipi kuliner di Pangkal Pinang ini.

Dan setelah saya berselancar di dunia maya untuk mengetahui berbagai jenis kuliner di Pangkal Pinang, ternyata benar-benar kaya ragamnya. Di sini, saya hadirkan beberapa kuliner halal yang berhasil merayu mata saya hingga terbetik air liur. Membuat saya sangat ingin menikmati citarasanya jika berkesempatan berkunjung ke Pangkal Pinang.

Martabak Bangka

Salah satu yang terkenal adalah Martabak Acau 89. Ada tiga jenis martabak yakni martabak telur, martabak manis, dan,martabak tipis. Harganya lebih murah dibanding harga Martabak Bangka umumnya di Jakarta, dengan sensasi yang lebih lezat. Martabak manis dan martabak tipis ditawarkan dalam berbagai pilihan isi.

Martabak Tipis (Sumber: chekoslovakia57.blogspot.com)

Sedangkan martabak telurnya hampir sama dengan kebanyakan martabak telur. Tetapi selain berisi telur, daging dan daun bawang, juga ditambah irisan wortel.

Mi Bangka

Tentu saja ini termasuk makanan pertama yang ingin saya rasakan di sini. Konon, yang membuat beda adalah gurih daging ayam bercampur nikmatnya bumbu minyak wijen. Kita bisa berburu Mi Bangka yang halal dan juga aneka kuliner lainnya di Papa Wu Noodle Bar yang lokasinya dekat dengan bandara. Mi ini masih dibuat dengan cara tradisional lho.

wu
(Sumber: Google Street View)
(Sumber: https://foodstime.wordpress.com)

Otak-Otak

Pangkal Pinang adalah surganya otak-otak. Harganya sangat terjangkau. Otak-Otak terbuat dari ikan, sagu, santan dan aneka bumbu yang khas. Mirip dengan pempek, makanan favorit kami sekeluarga.

Di Bangka, ikan tenggiri sebagai bahan utama otak-otak diolah terpisah antara daging dan kulit ikan tenggiri. Hal ini untuk menghasilkan 2 jenis otak-otak, yaitu: otak-otak berwarna putih yang berasal dari daging ikan dan otak-otak berwarna coklat yang terdiri dari kulit dan daging ikan yang masih segar.

Otak-Otak Bangka bentuknya kecil mungil namun sangat tebal rasa ikannya. Cara memasaknya bisa dengan direbus, dikukus, digoreng atau berbungkus daun pisang dan dibakar. Yang terakhir ini membuat aroma ikan dan daun pisang berpadu cantik sehingga rasanya lebih enak, gurih dan lembut agak kenyal. Otak-otak yang cara memasaknya bukan dibakar kadang disebut pempek/kelsan di sini.

(Sumber: pangkalpinangkota.go.id)

Ada 3 macam saus yang disajikan sebagai teman menikmati Otak-Otak Bangka ini. Saus sambal asam, saus sambal biasa dan saus sambal terasi dengan jeruk nipis yang hanya terdapat di Bangka. Namun biasanya para wisatawan lebih suka menggunakan sambal tauco.

Salah satu tempat terkenal untuk berburu adalah Otak – Otak Ase. Lokasinya di Kampung Bintang, hanya. berjarak 5 menit dari bandara.

ase
(Sumber: Google Street View)

Es Kacang Merah

Di tengah udara yang panas seperti kota Pangkal Pinang ini, minuman dingin tentu sebuah tawaran yang menarik. Salah satu yang terkenal adalah Es Ayong. Di sini disediakan es campur yang berisi kacang merah, cincau, alpukat, dan cendol. Kacang merahnya dimasak dengan pas. Disajikan bersama serutan es yang lembut dan taburan susu kental manis. Wah, saya benar-benar penasaran ingin mencobanya.

ayong
(Sumber: Google Street View)
(Sumber: tesyakinderen.com)

Tai Fu Sui

Sore hari menjelang malam, di Alun-Alun Merdeka Pangkal Pinang, terdapat banyak kedai yang biasa digunakan untuk Musoi. Musoi adalah aktivitas meminum susu kedelai yang terasa lebih seru jika dilakukan beramai-ramai ditemani otak-otak dan aneka jajanan ringan khas Bangka lainnya. Aha!  Satu lagi aktivitas seru yang bisa dilakukan di kota ini. Mengingat kami sangat suka susu kedelai. Minuman ini juga bisa ditemui pagi hari di banyak tempat lain.

ALUN
(Sumber: Google Street View)

Susu kacang kedelai khas Bangka inilah yang dikenal dengan nama Air Tahu atau Tai Fu Sui. Ada ciri khas rasa yang membedakan Tai Fu Sui dengan susu kedelai biasa. Tai Fu Sui ini banyak dikreasikan oleh masyarakat dengan berbagai rasa terutama rasa buah-buahan Minuman ini disediakan dalam keadaan panas maupun dingin.

(Sumber: pangkalpinangkota.go.id)

Selada

Selada adalah aneka sayuran yang disiram dengan saus kacang. Mirip dengan gado-gado, bahkan katanya lebih enak. Oya? padahal gado-gado adalah salah satu kesukaanku. Apa benar ada yang bisa menandinginya?

(Sumber: bangka.tribunnews.com)

Selada dan berbagai kuliner khas Bangka yang lain bisa ditemui di Pasar Mambo.

mambo
(Sumber: Google Street View)

Oleh – Oleh

Setelah puas berkeliling menikmati aneka sajian kuliner di kota Pangkal Pinang ini, jangan lupa membawa oleh-oleh khas Bangka sebagai buah tangan ya. Salah satu toko oleh-oleh yang lengkap di sini adalah LCK.

lck
(Sumber: Google Street View)

Produk unggulan dari toko ini adalah sarang burung walet. Sarang burung walet terkenal khasiatnya bagi kecantikan dan kesehatan. Tersedia kemasan botol 125 gram untuk konsumsi pribadi.

(Sumber: tokolck.com)

Selain itu, juga tersedia aneka jenis dan merek getas dan kemplang/kerupuk. Kemplang atau dikenal sebagai kerupuk Bangka terbuat dari tepung sagu yang dicampur daging ikan tenggiri, udang atau cumi-cumi. Ada berbagai jenis kemplang, seperti kemplang bakar atau kemplang goreng. Ada yang digoreng dengan minyak, digoreng dengan pasir dan sebagainya.

(Sumber: tokolck.com)

Dodol juga bisa menjadi alternatif pilihan untuk buah tangan. Di sini tersedia dodol ketan dan dodol durian. Dodol ketan kota Pangkal Pinang memiliki rasa dan aroma yang khas. Panganan ini terbuat dari ketan, gula aren dan santan.

(Sumber: tokolck.com)

Ada lagi yang disebut gelinak. Sejenis dodol namun mengandung rempah- rempah. Baunya harum dan rasanya terasa unik dan tajam di lidah. Juga ada yang disebut lempuk/lempok. Bahannya murni dari daging buah cempedak atau durian dan gula, tanpa tambahan beras ketan seperti yang digunakan dalam dodol.

Atau mau membawa aneka kue khas di sini? Kue Satu yang terbuat dari tepung kacang hijau, misalnya. Atau kue rintak, angka 8, kue idung-idung, sagon, semprong maupun lapis susu.

(Sumber: tokolck.com)

Yang juga tidak boleh lupa diboyong dari Pangkalpinang adalah minuman khasnya yaitu Sirup Jeruk Kunci.

(Sumber: tokolck.com)

Bahkan, LCK ini menyediakan juga jasa pengiriman untuk memudahkan turis. Kita bisa langsung meminta agar belanjaan kita di toko ini dikemas dan dikirim via JNE sehingga tidak terlalu repot membawa banyak oleh-oleh sepulang berwisata. Toko LCK juga melayani pembelian secara online.

Wow! Mengapa banyak makanan favorit keluarga kami yang menjadi kuliner andalan dengan citarasa terbaik di kota ini? Saya agak curiga. Jangan-jangan sebenarnya Pangkal Pinang ini memang disiapkan untuk memanjakan kami suatu hari. Hahaha… Semoga ada kesempatan bagi kami untuk mengunjungi kota ini. Pesona Pangkal Pinang telah menaut hati sejak pandangan pertama.

#pesonapangkalpinang

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s