Dompet Cerdas: Menembus Batas

Beberapa minggu ini suami melemparkan isu ingin membuka usaha baru. Beliau mengajakku mengeluarkan segala ide tentang usaha apa yang kita pilih untuk dikembangkan. Yang pasti, usaha ini akan berbasis online.

Mengapa harus online? Kemampuan portal digital membantu meningkatkan bisnis tentu tidak perlu diragukan lagi. Jangkauan bisnis online jauh lebih luas daripada bisnis offline. Sebagaimana yang kita tahu, jaringan internet telah membuat dunia menjadi sebuah desa yang besar. Seolah kita mengenal dan bisa menjangkau setiap sudut dunia hanya melalui sebuah layar. Itulah yang membuat game Pokemon Go langsung merebak bahkan akan disebarkan ke 200 negara, demikian disebutkan dalam berita yang dilansir portal Channel NewsAsia. Keberadaan website atau situs online juga meningkatkan image suatu usaha bisnis tampak lebih profesional, interaktif dan efisien. Selain itu, bekerja online terasa lebih praktis karena bisa dijalankan di rumah atau dimana pun tempat kita sedang beraktivitas. Dan pastinya, bisnis online sesuai dengan latar belakang bidang pendidikan kami berdua, yaitu jurusan informatika.

Setelah menggelontorkan ide ini dan itu, akhirnya pandangan kami jatuh kepada pengembangan aplikasi buatan suami sekitar setahun yang lalu. Aplikasi ini dinamai Dompet Cerdas. Sebuah aplikasi yang memfasilitasi beberapa aktivitas yang melibatkan aneka rekening bank yang berbeda. Rencananya, kami akan membangun sebuah website yang menyediakan jasa transfer antarbank secara otomatis, relatif tanpa jeda waktu. Aplikasi ini akan kami gunakan untuk membantu bagian administrasi dalam menjalankan berbagai pekerjaan terkait transaksi antarbank, rekapitulasi laporan mutasi dana pada tiap rekening maupun semua rekening, informasi saldo, dan perkembangan aktivitas dana masuk dan keluar. Juga akan ditambahkan beberapa fungsi yang diperlukan, misalnya penyusunan data rekening yang harus ditransfer sekaligus memberikan tanda jika transfer telah berhasil. Yang semuanya itu hanya dikerjakan dalam satu layar dan terintegrasi dengan program MS Excel.

daftar rekening mutasi

Pengerjaan lainnya adalah memikirkan agar proses transfer antarbank bisa berlaku otomatis. Untuk itu, Dompet Cerdas akan memanfaatkan fitur SMS/Mobile Banking dari tiap bank. Fitur ini rata-rata tidak dikenakan biaya pendaftaran, hanya berupa biaya untuk setiap aktivitas transfer senilai biaya SMS biasa, yaitu Rp 350-1000,00.

Dengan demikian, pengguna dapat memperoleh keuntungan berupa waktu transfer yang relatif singkat sebagaimana proses transfer antar-rekening dari bank yang sama, bebas antrean dan tidak dikenai biaya transfer antarbank. Pengguna cukup hanya menambahkan biaya SMS saja senilai Rp 1.000,00 untuk memanfaatkan fasilitas Dompet Cerdas ini.

Selain itu, akan disediakan aplikasi untuk android yang dapat diunduh secara gratis guna memudahkan akses bagi para pengguna telepon seluler. Dan tentunya juga fasilitas pelayanan pelanggan untuk bisa kontak, bertanya maupun mendapat informasi terbaru dari website ini. Bentuk interaksi dengan pengguna ini akan menggunakan fasilitas pengirim pesan, surat elektronik, juga membuat akun di media sosial yang ramai seperti Facebook, Twitter dan Instagram mengingat kekuatannya untuk menyebarkan informasi dan membangun jaringan. Juga karena maraknya transaksi jual-beli online di ketiga media sosial tersebut, dimana para penjual dan pembeli online adalah pasar terbesar Dompet Cerdas mengingat kebutuhan mereka untuk melakukan transfer dana yang kadang melibatkan rekening dari bank yang berbeda.

Media sosial ini juga akan digunakan untuk kampanye website Dompet Cerdas. Sebagai awal, Dompet Cerdas diasumsikan memperoleh 1000 klik setiap bulan dari masing-masing media sosial. Dari sinilah bisa dihitung perkiraan biaya kampanye per bulan.

Tentu dibutuhkan sarana internet ultra cepat guna menjalankan usaha ini. Kecepatan 50 Mbps sepertinya cukup memadai asalkan stabil.

Pucuk dicinta ulam pun tiba. Beberapa hari lalu, aku membaca pengumuman kompetisi blog di MyRepublic. Di sini kita diminta untuk menjelaskan ide wirausaha online kita dan bagaimana mempergunakan hadiah berupa uang tunai untuk kelangsungan bisnis ini jika memenangkan kompetisi tersebut. Dengan segenap doa dan harapan semoga bisa memenangkan hadiah pertama senilai 7 juta rupiah, inilah rincian anggaran kami selama satu bulan pertama untuk mengembangkan Dompet Cerdas menggunakan uang 7 juta rupiah tersebut:

  • membuka rekening di 6 bank besar: Rp 430.000,00
  • membeli alamat domain: Rp 500.000,00
  • membangun website: Rp 3.500.000,00
  • biaya internet: Rp 300.000,00
  • biaya iklan di Facebook: Rp 400.000,00
  • biaya iklan di Instagram: Rp 42.000,00
  • biaya iklan di Twitter: Rp 1.000.000,00
  • biaya iklan diYoutube: Rp 500.000,00
  • lain-lain: Rp 328.000,00

Demikianlah rancangan ide bisnis online Dompet Cerdas yang akan kami kembangkan berikut rincian anggarannya. Bagaimana pendapat Anda?Apakah Anda punya pertanyaan, saran atau kritik terkait hal ini? Suara Anda sangat berharga bagi kami ^_^

Advertisements

6 thoughts on “Dompet Cerdas: Menembus Batas

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s