Pelihara Aku Agar Kau #BahagiadiRumah

Banyak hewan piaraan yang datang dan pergi dalam kehidupan keluarga kami. Saya memang pecinta hewan, namun tidak pernah secara sengaja mengajarkan anak-anak untuk cinta hewan juga. Kegemaran itu rupanya menurun ya. Melihat anak-anak juga tertarik untuk memelihara hewan, maka saya pun tinggal mendukung dan membantu memberinya masukan terkait dengan perawatan dan cara berinteraksi dengannya agar tidak hanya anak-anak namun juga hewan piaraannya pun merasa #BahagiadiRumah.

Seringnya yang dipiara anak-anak adalah kucing. Biasanya mulai dari anak kucing yang terlantar tidak ketahuan di mana induknya. Anak-anak pun memohon untuk diijinkan merawatnya. Ini salah satu kejadian saat mereka baru saja menemukan anak kucing. Segera mereka carikan tempat hangat dan pilihan mereka jatuh pada helm Abinya di teras sebagai tempat berteduh pertama Sang Anak Kucing.

10926334_10205110908245915_2784474218582800076_o

Kali lain, mereka begitu tertarik dengan siput-siput cantik yang dijual pedagang kaki lima. Selain siput, disediakan juga rumah yang sangat cantik dilengkapi aneka alat bermain untuk para siput ini. Lihatlah desainnya! Bahkan manusia pun memimpikan rumah seperti ini untuk tempat tinggalnya.

12140970_10207001513389862_1859561502640501961_o

Selain itu, ikan juga merupakan hewan kesayangan anak-anak, terutama Si Nomor Empat. Setiap ada kesempatan, dia akan meminta membeli ikan baru untuk menambah koleksinya. Bahkan diberikan tanaman hias juga untuk memperindah akuarium dadakan dari ember plastik besar yang kami miliki.

13177831_10208479385335737_7455518532145117119_n

Menemukan jenis hewan piaraan ini di tempat penjualan ikan hias, anakku pun tertarik untuk memeliharanya juga. Bayi kura-kura pun akhirnya menjadi penghuni rumah kami.

13220829_10208479386015754_2862108021414156595_n (1)

Dapatkah Anda menemukan di mana kura-kuranya? Dia berada di sebelah kiri, bersembunyi di balik tumpukan batu yang kami sediakan untuk dipanjat saat dia ingin berjemur demi kesehatannya. Hewan ini memang sangat pemalu.

Memelihara hewan mendatangkan banyak manfaat lho bagi penghuni rumah. Baik untuk orang dewasa, anak-anak, lansia serta penyandang gangguan fisik dan mental tertentu.

Manfaatnya antara lain:

  • Meningkatkan kekebalan tubuh

Ya,  anak-anak yang dibesarkan bersama hewan piaraan di rumahnya cenderung memiliki imunitas yang lebih tinggi terhadap demam musiman, alergi, asma dan eksim.

  • Meredakan stres dan mengusir rasa sepi

Sekadar memandangi ikan piaraan di akuarium, atau dengan mengamati tingkah lucu hewan yang lebih aktif seperti kucing dan hamster, bisa membuat kita tersenyum hingga tertawa. Hal ini membuat kita merasa rileks, senang, bahagia, lebih percaya diri, dan berpikir positif.

  • Mendorong aktif bergerak

Terutama jika memelihara hewan yang aktif seperti kucing ya. Menemaninya bermain menjadi salah satu alternatif bentuk olahraga yang bisa dilakukan di rumah.

  • Melatih kepedulian dan cara berinteraksi

Bahasa hewan tentu berbeda dengan bahasa manusia. Berinteraksi dengannya melatih kita untuk berempati dan memperlakukannya dengan penuh kasih sayang walaupun kita belum mengerti apa yang ingin dia sampaikan atau sebaliknya, piaraan kita tidak memahami permintaan kita. Berdasarkan penelitian, anak dengan autisme juga dapat berinteraksi dengan lebih baik jika ada hewan piaraan di sekitar mereka.

Dengan memelihara hewan bersama-sama secara tidak langsung akan mempererat hubungan keluarga karena kesamaan hobi dan jalinan kerjasama yang baik dalam menjalankan tugas-tugas yang berkaitan dengan pemeliharaan hewan.

  • Melatih tanggung jawab

Hewan membutuhkan makanan, minuman, kebersihan dan interaksi. Mengijinkan anak-anak memelihara hewan artinya memberi mereka kepercayaan untuk menjaga kesehatan dan kebahagiaan sang hewan. Hal ini juga menghindarkan anak dari sifat malas.

  • Membuat betah dan #BahagiadiRumah

Karena bertambah lagi penghuni di rumah kita dengan karakteristik dan tingkah pola yang khas yang membuat kita rindu dan ingin meluangkan waktu bersamanya.

Bagaimana? Anda tertarik untuk memelihara hewan sebagai salah satu alternatif menciptakan suasana #BahagiadiRumah?

Blog ini diikutsertakan dalam Blog Competition NOVAVERSARY 2016.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s